Startup Tentang Anak Menjadi Mitra Kementerian Kesehatan RI

Kementerian Kesehatan RI x Tentang Anak

(Ki-Ka) Maria Endang Sumiwi, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI - Mesty Ariotedjo, Founder dan CEO Tentang Anak (Foto: Istimewa)

youngster.id - Untuk meningkatkan literasi bagi jutaan orang tua terkait pola asuh, kesehatan fisik dan juga mental anak usia dini, bahkan sejak masih dalam kandungan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggandeng startup Tentang Anak sebagai mitra resmi.

“Kami memiliki tujuan ingin memperkuat dan meningkatkan literasi kesehatan bagi masyarakat khususnya untuk generasi penerus Indonesia. Namun kami menyadari untuk mewujudkan hal tersebut, kami tidak bisa sendirian, dibutuhkan kerja sama dengan berbagai mitra, salah satunya Tentang Anak yang memiliki tujuan dan mimpi yang sama seperti kami dari Kemenkes RI. Maka dari itu, melalui kerjasama ini, kami berharap dapat meningkatkan literasi kesehatan ibu dan anak yang terintegrasi dengan pendekatan multi program, multi sasaran dan multi platform kedepannya,” kata Maria Endang Sumiwi, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, pada acara Perjanjian Kerja Sama (PKS) 2 Juni 2022 lalu.

Sementara itu Founder dan CEO Tentang Anak, Mesty Ariotedjo menjelaskan, Tentang Anak memiliki visi misi untuk meningkatkan kualitas literasi atau edukasi yang mudah terjangkau, terpercaya, langsung dari ahlinya secara merata bagi seluruh orang tua dan anak di Indonesia secara gratis melalui berbagai inisiatifnya. Seperti rangkaian edukasi webinar, whatsapp support group, tanya ahli setiap hari di aplikasi bersama in-house expert Tentang Anak (dokter spesialis obsgyn, dokter spesialis anak, bidan, psikolog anak dan keluarga, hingga perencanaan finansial keluarga), dan berbagai fitur terbaik yang dapat diakses melalui aplikasi Tentang Anak.

“Sebagai orang tua dan dokter spesialis anak, saya merasakan betul adanya kebutuhan atau high demand dari kedua belah pihak yang bisa saling melengkapi. Dari pihak orang tua membutuhkan literasi dan edukasi di setiap fase parenting, dari pihak ahli anak sangat terbatas untuk bisa mengedukasi jutaan orang tua Indonesia. Bayangkan saja di Indonesia hanya ada sekitar 4.000 dokter spesialis anak untuk bisa menjangkau 80 juta anak. Oleh karena itu, Tentang Anak hadir untuk menjembatani kebutuhan keduanya yaitu mempertemukan orang tua dan ahli anak terbaik (tidak terbatas dari sisi kesehatan saja, tetapi juga berkolaborasi dengan berbagai stakeholders termasuk Kementerian Kesehatan) dengan memfasilitasi wadah edukasi secara gratis bersama ekosistem Tentang Anak. Kami berharap dengan diresmikannya kerjasama ini, Tentang Anak dan Kemenkes RI dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu mewujudkan generasi muda Indonesia yang sehat, bahagia, dan berdaya, karena proses pengasuhannya yang selalu didampingi oleh Tentang Anak dan Kemenkes RI hingga tumbuh kembangnya optimal,” papar Mesty.

Pada Februari 2022, Tentang Anak telah merilis aplikasi parenting yang bisa di unduh melalui App Store dan Play Store. Sejak saat itu pula, aplikasi Tentang Anak telah menjadi one stop solution parenting ecosystem serta menjadi pendamping perjalanan orang tua dalam hal pengasuhan anak. Aplikasi Tentang Anak memiliki fitur pendukung pengasuhan anak yang lengkap dan terpercaya secara gratis. Diantaranya seperti: fitur kehamilan, tanya jawab langsung dengan ahli, resep makanan bernutrisi, webinar, panduan pertama untuk anak sakit, dan masih banyak lagi. Selama satu tahun terakhir, Tentang Anak telah menjangkau lebih dari 20 juta masyarakat melalui edukasi di berbagai platform seperti sosial media, webinar, dan aplikasi Tentang Anak.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version