Startup4Industry 2021 Dorong Startup Lokal Go Global

Pemenang program Startup4industry 2020. (Foto: istimewa)

youngster.id - Pemerintah terus mendorong startup Indonesia unjuk kemampuan dan go global. Untuk itu Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar Program Startup4Industry 2021, dengan harapan kemitraan antara industri dengan startup dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu transformasi teknologi industri.

“Saat ini kita berada di era digitalisasi yang terakselerasi dengan cepat. Oleh karena itu, pelaku industri harus mulai bertransformasi dengan mengadopsi teknologi,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat (2/4/2021).

Program Startup4industry 2021 bertajuk Quick Adoption, Lasting Growth: Adopsi Teknologi Dengan Cepat Untuk Terus Bertumbuh. Menurut Agus program ini merupakan strategi transformasi industri menjadi lebih modern dengan memanfaatkan solusi teknologi dari startup teknologi Indonesia.

Apaalgi kualitas program Startup4industry terbukti mampu bersaing. Sebanyak 23 peserta Startup4industry lolos seleksi dan akan tampil di pameran teknologi terbesar di dunia, yaitu Hannover Messe 2021 yang akan berlangsung pada 12-16 April 2021. Pada ajang tersebut, Indonesia menjadi partner country untuk menunjukkan transformasi ekonomi Indonesia dan keunggulan sektor industri dalam negeri melalui Making Indonesia 4.0.

“Program Startup4Industry telah mampu mengantarkan startup tampil di event global. Harapannya akan semakin banyak startup yang dapat membantu industri bertransformasi dengan cepat sehingga lebih unggul dan berdaya saing,” kata Menteri Agus.

Penyelenggaraan program Startup4industry sepanjang 2018 – 2020 telah berhasil menorehkan sejumlah pencapaian, antara lain partisipasi sejumlah 514 startup, 15 proyek implementasi yang dikerjakan startup di IKM, kemitraan 49 IKM yang memakai solusi teknologi dari startup, serta 23 peserta Startup4industry berhasil lolos seleksi untuk tampil di Hannover Messe 2021.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih memaparkan, program Startup4Industry 2021 memiliki serangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga Desember 2021 mendatang.

Agenda Startup4industry 2021 terdiri dari kompetisi implementasi teknologi yang akan mendorong startup untuk melakukan proyek implementasi di industri, Tech Link atau temu bisnis startup dengan industri khususnya IKM, serta webinar untuk menyosialisasikan dan mengajak pelaku industri bertransformasi dengan teknologi dari startup.

“Program Startup4industry membuka kesempatan kepada semua pihak seperti pelaku industri, akademisi, sektor swasta, inkubator, serta pemerintah daerah untuk berpartisipasi dan menjalin kolaborasi,” ujar Gati.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version