Suka Nonton Drakor? 5 Film ini Bisa Membantumu Pelajari Budaya Korea

Learn Korea with BTS

Agar semakin mempermudah memahami budaya Korea, kamu juga dapat belajar Bahasa Korea dengan asik. Seperti belajar melalui “Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS” yang berisi live class bersama tutor lokal dan native speaker dari Korea Selatan. Materi belajar yang digunakan diambil dari buku “Learn! KOREAN with BTS” yang dibuat berdasarkan kurikulum yang dikembangkan langsung oleh HYBE EDU. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Popularitas hiburan dari negara Korea Selatan tengah mencapai masa keemasannya. Hampir semua negara dari seluruh belahan dunia tengah menggemari K-pop, K-drama, hingga budaya Korea lainnya.

Popularitas para musisi K-pop pun telah sejajar dengan para musisi dunia lainnya, begitupun dengan film drama Korea yang juga telah menuai penghargaan bergengsi di tingkat dunia.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari budaya Korea lebih lanjut, kamu pun dapat mempelajarinya secara asik melalui film-film Korea. Dikutip langsung dari tutor lokal “Zenius Live: Learn! KOREAN with BTS”, Mutia Prita, ada beberapa film Korea yang bisa ditonton untuk refreshing sambil memberikan gambaran realitas kehidupan masyarakat Korea Selatan.

Mutia sendiri sempat tinggal di Korea selama empat tahun dan memiliki segudang pencapaian selama berada di sana. Termasuk menjadi Runner Up Miss Anatainer Korea 2020, Global Ambassador United Nation-HABITAT Korean Nation Committee 2020, hingga TV host program “Tempting Review” di SBS-IN Korea. Apa saja film rekomendasi Mutia yang dapat membantu kita mempelajari budaya Korea? Mari kita bahas bersama-sama!

The King’s Letter

Film ini menceritakan tentang Raja Sejeong yang berjuang untuk menciptakan sebuah alfabet asli Korea. Dalam sejarah Korea, Raja Sejeong begitu populer karena jasanya yang luar biasa dalam menciptakan Hangeul, di mana alfabet asli Korea tersebut menggantikan Hanja.

Dalam film ini diceritakan betapa beratnya usaha Raja Sejeong untuk menciptakan Hangeul. Usaha tersebut kerap kali menemui berbagai halangan seperti pertentangan dengan beberapa pejabat istana, dan lain-lain. Tetapi akhirnya Raja Sejeong berhasil memperkenalkan 28 abjad baru agar seluruh rakyat Korea dapat membaca dan menulis dengan mudah.

Mr. Sunshine

“Mr. Sunshine” menceritakan kisah seorang anak dari keluarga budak bernama Eugine Choi. Melihat kedua orang tuanya dibunuh di depan mata, Eugine kabur ke Amerika dengan membawa dendam. Kembali dari Amerika, Eugine bertugas di Korea sebagai tentara dan bertemu dengan Go Ae Shin yang berasal dari keluarga terpandang di Joseon. Mengetahui rahasia Ae Shin sebagai seorang pasukan rahasia, Eugine berteman baik hingga jatuh cinta padanya.

Meskipun drama ini terpusat pada kisah percintaan tokoh-tokohnya, kamu bisa belajar mengenai sejarah perjuangan rakyat Korea melawan penjajahan Jepang yang menjadi latar belakang film ini. Selain itu, film ini juga terinspirasi dari kisah nyata.

SKY Castle

Drama Korea berikutnya adalah “SKY Castle”. Drama ini bercerita tentang sekelompok orang tua yang tinggal di kompleks elit bernama SKY Castle. Perumahan tersebut hanya diisi oleh para dokter dan juga profesor lulusan tiga universitas terbaik Korea, yaitu Seoul National University (SNU), Korea University, dan Yonsei University atau disingkat SKY.

Serial drama ini mendapat ulasan positif karena menyoroti beberapa aspek tersembunyi dan kontroversial dari masyarakat Korea, termasuk alur ceritanya yang berhubungan dengan sistem pendidikan Korea yang sangat kompetitif.

Reply 1994

Sesuai judulnya, “Reply 1994” mengambil latar tahun 1994 tentang sekelompok mahasiswa yang merantau ke kota untuk kuliah. Sung Na Jung tinggal bersama sang ayah Sung Dong Il dan ibunya Lee Il Hwa yang memiliki kos. Kebanyakan mahasiswa di rumah Sung Na Jung berasal dari pedesaan yang pergi ke kota hanya untuk mengenyam pendidikan.

Berbagai kisah mulai dari bahagia, lucu, sedih, dan pertengkaran mewarnai persahabatan anak-anak yang ngekos di rumah Sung Na Jung. Ada pula kisah cinta lokasi alias cinlok antar anak kos, salah satunya Sung Na Jung. Tontonan ini tepat bagi kamu yang ingin melihat gambaran realita kehidupan mahasiswa perantauan di era tersebut.

A Resistance

Film “A Resistance” adalah sebuah film drama Korea yang diadaptasi dari kisah nyata. “A Resistance” menceritakan tentang masa pendudukan Jepang di Korea di mana sejak saat itu orang-orang Korea memperjuangkan kemerdekaan mereka baik di dalam dan luar negeri.

Salah satu rakyat Korea yang berjuang pada masa itu adalah Yu Gwan Sun, yang lahir dari keluarga petani yang masuk sekolah wanita di Seoul dan senang mengajarkan ilmunya pada warga setempat. Kisah Yu Gwan-Sun adalah cerita yang sangat terkenal di semenanjung Korea dan film ini mewakili dirinya, aktivitas, dan ideologinya dengan penuh hormat.

Itulah lima rekomendasi film Korea yang dapat membantumu dalam mempelajari budaya Korea.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version