Sukses Kembangkan GoTransit, Gojek Terpilih Jadi Aplikator Online Favorit Masyarakat

GoTransit Gojek

Sukses Kembangkan GoTransit, Gojek Terpilih Jadi Aplikator Online Favorit Masyarakat (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pelopor layanan on-demand Gojek mendapatkan penghargaan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) sebagai ‘Aplikator Online Favorit Masyarakat’ serta ‘Aplikator Online yang Mendukung Integrasi Angkutan Umum’. 

Penghargaan itu diberikan berdasarkan survei yang dilakukan terhadap masyarakat pengguna angkutan umum serta penilaian terhadap inovasi dan upaya Gojek dalam menciptakan integrasi dengan moda transportasi lainnya lewat keberadaan fitur GoTransit.

Haris Muhammadun, Kepala Dewan Transportasi Kota Jakarta mengatakan, pihaknya mengapresiasi Gojek atas kontribusinya dalam mengubah wajah transportasi di Jakarta. Pencapaian sebagai ‘Aplikator Online Favorit Masyarakat’ adalah bukti nyata bahwa Gojek menjadi pilihan utama masyarakat.

“Kami juga mengapresiasi keberhasilan Gojek sebagai ‘Aplikator Online yang Mendukung Integrasi Angkutan Umum’ lewat peran Gojek di first mile dan last mile, serta hadirnya GoTransit yang akan mendorong masyarakat untuk lebih memilih angkutan umum dan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi,” ujar Haris, dikutip Sabtu (21/9/2024).

Fitur GoTransit dirancang untuk mempermudah pengguna dalam melakukan perjalanan multi-moda dengan mengintegrasikan layanan Gojek dan angkutan umum yakni KRL Commuter Line dalam satu platform. Dengan GoTransit masyarakat bisa memesan layanan GoRide untuk menuju maupun melanjutkan perjalanan dari stasiun, serta membeli tiket Commuter Line cukup dalam satu transaksi.

Di wilayah Jabodetabek, kemudahan GoTransit turut didukung dengan keberadaan shelter driver Gojek yang terintegrasi dengan stasiun KRL Commuterline. Keberadaan fasilitas ini mempermudah pengguna untuk dapat langsung melanjutkan perjalanan dari stasiun menuju tujuan akhir dengan cepat. Saat ini telah terdapat 18 shelter driver Gojek yang berlokasi hub transportasi publik dan stasiun-stasiun paling sibuk di wilayah Jabodetabek. Terbaru, Gojek merevitalisasi shelter driver yang berlokasi di area Stasiun KRL Commuter Line Sudirman yang sekaligus dapat melayani masyarakat yang hendak melanjutkan perjalanan dari Stasiun KA Bandara BNI City serta Stasiun MRT Dukuh Atas.

Sebelumnya, penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL UGM) pada 2023 mengungkapkan pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15% serta menghemat biaya hingga 27% dibanding pola perjalanan sebelumnya. Sebagai andalan masyarakat, GoTransit pun turut sukses menjadi kanal digital paling banyak yang menjual tiket Commuter Line, membuat penggunaan tiket digital meningkat hingga 300%.

Steven Halim, Head of Transport & Logistic Business Gojek mengatakan, GoTransit merupakan solusi teknologi pertama di dunia yang menghubungkan perjalanan ride-hailing dan transportasi publik dalam satu platform.

“Inovasi ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program Pemerintah menyediakan layanan transportasi publik yang mudah diakses dan nyaman. Dua penghargaan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta merupakan konfirmasi terhadap terciptanya manfaat langsung yang dirasakan masyarakat lewat keberadaan layanan kami. Penghargaan ini memperkuat semangat kami untuk terus berinovasi dan memperluas dampak positif dari layanan mobilitas Gojek ke lebih banyak masyarakat pengguna transportasi publik,” kata Steven.

Selain kemudahan fitur, sebagai bentuk dukungan berkelanjutan Gojek dalam mendorong penggunaan transportasi publik, Gojek juga memiliki ragam penawaran bagi masyarakat yang menggunakan GoTransit. Pengguna dapat memanfaatkan kode promo GOSTASIUN untuk mendapatkan diskon perjalanan hingga 90%. Selain itu, pengguna baru berkesempatan mendapat tambahan berupa voucher diskon pembelian tiket KRL Commuterline yang bisa didapat pengguna saat memesan layanan multi-moda terintegrasi melalui fitur GoTransit.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version