youngster.id - PT Solusi Sinergi Digital Tbk. Atau Surge mengembangkan layanan asuransi mikro melalui Asuransi Kita, sebuah marketplace asuransi yang mengkurasi beragam produk asuransi dengan manfaat terlengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan pengguna.
Menurut Hermansjah Haryono, CEO Surge, pengembangan layanan ini lahir dari komitmen perseroan untuk membantu penetrasi asuransi yang masih rendah di kalangan masyarakat menengah, berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM yang sekaligus menjadi pasar potensial untuk dijajaki lebih lanjut. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan per 31 Agustus 2020, penetrasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah yakni di kisaran angka 2,92%.
“Asuransi Kita kami hadirkan sebagai solusi perlindungan terkurasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan masyarakat dengan berbagai kemudahan. Dengan begitu, kami harapkan akan semakin banyak lapisan masyarakat yang bisa dijangkau dan terlindungi,” ucapnya.
Diklaim Hermansjah, sejak diperkenalkan setahun yang lalu, tepatnya April tahun 2020 Asuransi Kita telah memiliki pengguna aktif hingga lebih dari 80.000 yang sebagian besar terdiri dari pegawai swasta, komunitas hobi, profesional. Asuransi Kita menghadirkan tujuh (7) manfaat perlindungan bagi pengguna, mulai dari perlindungan kecelakaan, kesehatan, jiwa, perjalanan, kendaraan, olahraga dan rumah.
Tercatat pada awal tahun 2021, Asuransi Kita telah mengeluarkan lebih dari 100.000 polis yang menyasar lebih dari 80.000 orang. Berbagai produk asuransi di Asuransi Kita telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Asuransi Kita memiliki beberapa mitra asuransi di antaranya Sompo Insurance, Cigna, Sequis Life, AXA, Sinarmas Insurtech dan beberapa mitra lainnya.
“Selain jiwa dan kesehatan, bidang perlindungan perjalanan di masa ini memiliki potensi besar kaitannya untuk mendukung protokol clean, health, safety and environment (CHSE). Perlindungan perjalanan akan melindungi masyarakat dari risiko tidak terduga seperti sakit dan kecelakaan. Dengan integrasi platform yang dapat diakses di banyak aplikasi dalam jaringan ekosistem, Surge menyasar pengguna harian transportasi kereta api yang pada masa adaptasi kebiasan baru ini kurang lebih mencapai lebih dari 400.000 penumpang per hari hingga pelaku usaha UMKM yang merupakan pedagang pasar di bawah naungan Pasar Jaya dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), serta para mitra warung rekanan ribuan gudang KUD di sepanjang Jawa,” jelas Hermansjah.
Proses pengajuan klaim jauh lebih sederhana dan membutuhkan waktu yang cukup singkat dengan kurang lebih 10 (sepuluh) hari kerja. Proses pengajuan bisa dilakukan secara online dengan menggunakan WhatsApp, email, dan website sehingga semakin memudahkan pengguna.
Salah satu mitra asuransi yang bergabung dalam Asuransi Kita, yaitu Sompo Insurance saat ini menghadirkan layanan perlindungan untuk perjalanan penumpang kereta jarak jauh dari berbagai risiko seperti kehilangan dan/atau kerusakan barang pribadi, keterlambatan dan pembatalan perjalanan, kecelakaan, perawatan serta evakuasi medis ketika dibutuhkan, dan banyak lagi lainnya.
Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan upaya perlindungan maksimal di masa adaptasi baru, ke depan Asuransi Kita akan menghadirkan layanan perlindungan untuk COVID-19 dan vaksinasi. Layanan ini akan memberikan perlindungan untuk nasabah terhadap kondisi yang disebabkan oleh virus Covid 19, dengan masa perlindungan secara bulanan atau tahunan, menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
STEVY WIDIA
Discussion about this post