Swab Antigen Elecsys, Inovasi Terbaru Tes Antigen Di Indonesia

Pengembangan sain bagian dari Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan melakukan tes COVID-19 tetap menjadi hal yang perlu dilakukan setiap individu, terutama mereka yang sudah aktif bekerja dari kantor dan memiliki mobilitas tinggi. Hal ini mendorong Siloam Hospitals Group, Roche dan Halodoc bersinergi menghadirkan inovasi terbaru tes antigen di Indonesia, yaitu swab antigen Elecsys.

Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group mengatakan, terdapat tiga prioritas utama yang difokuskan Siloam Hospitals Group dalam rangka menanggulangi pandemi COVID-19, yaitu melakukan tes atau skrining sebanyak mungkin guna memutus penularan virus, meningkatkan layanan terhadap pasien COVID-19, dan pelaksanaan vaksinasi.

“Karena itu, melakukan tes merupakan langkah penting di masa pandemi karena semakin cepatseseorang teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah virus corona dapat ditanggulangi. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami dan platform Halodoc, seperti tes terbaru berbasis laboratorium swab antigen Elecsys® untuk kesehatan dan keamanan bersama,” ujar Caroline pada konferensi pers virtual Kamis (3/6/2021).

Swab antigen Elecsys merupakan metode tes antigen terbaru dengan performa tinggi yaitu dengan sensitivitas 94.5% dan spesifisitas 99.9% pada CT Value < 30 yang berarti mampu mendeteksi lebih akurat sampel dengan jumlah virus yang lebih rendah dibandingkan rapid antigen biasa. Pengambilan sampel untuk tes ini dilakukan dengan cara usap nasofaring, yakni mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung. Hasil swab antigen Elecsys menggambarkan kondisi saat pengambilan sampel.

Dengan demikian, hasil positif menunjukkan kemungkinan besar terinfeksi SARS-CoV-2, sedangkan hasil negatif tidak menyingkirkan kemungkinan terinfeksi SARS-CoV-2. Penilaian hasil didapatkan dengan melihat keadaan klinis pasien dan hasil pemeriksaan penunjang lain.

Dalam memperkenalkan swab antigen Elecsys, Siloam Hospitals Group juga menggandeng Halodoc sebagai exclusive external booking partner dalam hal memberikan akses pemesanan tes di aplikasi maupun website dan edukasi kepada masyarakat.

“Halodoc memiliki misi untuk memberikan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Sejak awal pandemi, kami telah secara proaktif memberikan solusi kesehatan secara digital, serta membangun kolaborasi dengan pemerintah maupun swasta. Bersama kami kembali mempermudah penyediaan akses untuk penjadwalan tes COVID-19 terbaru swab antigen Elecsys yang diharapkan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat, kata Jonathan Sudharta CEO & Co-Founder Halodoc.

Sementara itu, Ahmed Hasan, Direktur Country Manager Diagnostics Roche Indonesia mengungkapkan, Pandemi COVID-19 dengan jelas menunjukkan nilai dan pentingnya diagnostik, dan Roche berada di garis depan dalam memerangi pandemi ini.

“Karena itu, kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Siloam Hospitals Group yang memiliki jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia sehingga tes ini dapat diakses oleh lebih banyak masyarakat Indonesia secara mudah,” katanya.

 

 

FAHRUL ANWAR

 

Exit mobile version