Synnex Metrodara Indonesia Gelar Ekshibisi dan Turnamen Esport

beasiswa Moonton Games

Kembangkan Talenta eSports, Moonton Games Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Pacu perkembangan esport dan industri kreatif di Tanah Air, PT Synnex Metrodata Indonesia menggelar Build Your Gaming Empire 2021 (BYGE 2021). Gelaran yang akan berlangsung dari 20 November hingga 12 Desember 2021 ini terdiri dari dua agenda menarik yaitu ekshibisi produk-produk mutakhir secara virtual dan turnamen esports yang melibatkan tim-tim esports papan atas Indonesia.

Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia Agus Honggo Widodo mengatakan, industri esports dan ekonomi kreatif berbasis digital merupakan industri dengan potensi ekonomi yang sangat besar dan membutuhkan dukungan optimal penuh komitmen dari seluruh ekosistem.

BYGE 2021 adalah bentuk keseriusan kami untuk turut memacu perkembangan dan kemajuan industri esports dan ekonomi kreatif tanah air melalui suguhan teknologi-teknologi termutakhir dan turnamen esports yang inspiratif,” kata Agus dalam jumpa pers, Jumat (19/11/2021).

Menurut dia, acara ini ditujukan untuk makin menggairahkan minat terhadap masyarakat adalah diselenggarakannya turnamen esports. Ada dua nomor pertandingan pada turnamen esports BYGE tahun ini, yaitu Valorant dan Mobile Legend: Bang Bang (MLBB).

Pada nomor pertandingan Valorant, SMI membuka tantangan bagi masyarakat untuk ikut berkompetisi di babak kualikasi yang pemenangnya akan diundang bertanding melawan tim-tim esports profesional papan atas Indonesia: Boom Esports, Alter Ego Valorant dan Morph Team. Sedangkan untuk kategori MLBB, peminat esports dapat menyaksikan keseruan atlet-atlet esports perempuan di turnamen invitasional yang mempertemukan tim-tim MLBB Ladies terkemuka, GPX Ladies, Alter Ego Nyx, RRQ Mika, dan Belletron Era.

Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia Ronaldy Suhendra menjelaskan, teknologi-teknologi yang dihadirkan melalui ekshibisi BYGE 2021 merupakan teknologi yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan, potensi, serta tren industri gaming dan ekonomi kreatif nasional yang terus menunjukkan peningkatan. Indonesia sendiri merupakan negara Asia Tenggara yang memiliki pasar game potensial.

“Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun  sebagai penyedia produk dan solusi TIK untuk beragam sektor dan segmentasi, melandasi tekad kami untuk meningkatkan dukungan terhadap penyediaan solusi-solusi andal industri gaming dan ekonomi kreatif,” kata Ronaldy.

Penyelenggaran BYGE 2021 mendapatkan sambutan positif dari ekosistem esports Indonesia. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Ashadi Ang mengatakan bahwa gelaran ini sangat relevan dengan dinamika esports tanah air. Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 menunjukkan kepada publik tentang perkembangan esports nasional yang luar biasa yang telah menjangkau ke seluruh penjuru negeri.

“Kepengurusan ESI sendiri bahkan sekarang sudah ada di 498 kabupaten/kota. Tahun depan, kegiatan esports akan makin meningkat seiring dengan digelarnya turnamen-turnamen penting tingkat nasional hingga dunia. Kami juga akan menggerakkan berjalannya pembinaan esports dari sekolah-sekolah. Ekosistem esports juga menunjukkan perkembangan membanggakan, salah satunya adalah dengan mulai munculnya gim-gim yang dikembangkan oleh talenta-talenta lokal. Semuanya membutuhkan dukungan teknologi dan kesempatan untuk pengembangan kompetensi, seperti yang dihadirkan SMI  melalui BYGE 2021,” ujar Ashadi.

Tanggapan senada terhadap positifnya gelaran BYGE 2021 juga disampaikan CEO Boom Esports Gary Ongko. “Esports adalah industri baru dengan potensi yang besar dan perkembangan yang pesat. Untuk terus berkembang dan berprestasi, komunitas esports membutuhkan dukungan teknologi mutakhir agar optimalisasi performa tercapai. BYGE 2021 sangat positif dalam membuka wawasan tentang teknologi untuk peningkatan prestasi, serta terus menumbuhkan antusiasme masyarakat luas dalam menekuni esports melalui turnamen invitasional yang digelar,” ucapnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version