Tambah Lini Bisnis Baru, Inocycle Masuk ke Pasar Resin/Chips Daur Ulang

Inocycle

Tambah Lini Bisnis Baru, Inocycle Masuk ke Pasar Resin/Chips Daur Ulang (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan daur ulang limbah PET PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) akan menambah lini bisnis baru yaitu pembuatan resin/chips daur ulang. Penambahan lini bisnis ini diharapkan akan menjadi sumber pendapatan baru bagi Perseroan serta menambah daya saing INOV di era kompetitif saat ini.

“Kami melihat ada peluang bisnis yang bagus dari potensi permintaannya. Kami merasa berada pada posisi yang kuat untuk dapat memenuhi peningkatan permintaan tersebut,” jelas Direktur INOV, Victor Choi, dikutip Selasa (2/7/2024).

Resin/chips daur ulang sendiri merupakan proses penyempurnaan dari bottle flakes yang dihasilkan dari pengolahan botol PET bekas. Dalam produksi resin/chips dari bottle flakes tersebut  dilakukan beberapa proses tambahan yang berbeda dengan pembuatan serat daur ulang, yaitu pemrosesan menggunakan mesin granulator dan pelletizer, dan akan dijual langsung kepada pelanggan.

Bisnis baru ini diperkirakan akan berkontribusi terhadap pendapatan INOV sebesar Rp41 miliar – Rp114 miliar per tahun. Jumlah tonase resin/chips daur ulang yang dapat diproduksi berkisar 12 juta kg/tahun – 15 juta kg/tahun. INOV menargetkan akan menjual sebanyak 30% dari utilitas maksimum, atau sekitar 3,6 juta kg/tahun setelah Perusahaan selesai melakukan instalasi mesin.

Industri pengolahan yang pada umumnya menggunakan bahan resin/chips daur ulang antara lain adalah industri kemasan untuk makanan dan minuman, industri pakaian atau polyester, industri boneka, dan industri lainnya seperti kosmetika, farmasi, elektronik, pipa plastik, peralatan rumah tangga, otomotif dan lainnya.

INOV menganggarkan belanja modal sebesar Rp20 miliar tahun ini untuk membiayai ekspansi ke bidang usaha baru tersebut.

 

HENNI S.

Exit mobile version