youngster.id - Telkom sukses menjadikan produk IndiHome sebagai layanan triple play dengan penetrasi ke pasar tercepat diantara pemain global. IndiHome menggebrak pasar dengan konsep triple play yang menyatukan telepon, akses internet, dan TV /video rich content dalam satu layanan.
“Telkom hanya butuh dua tahun sejak peluncurannya tahun 2015, menjadikan IndiHome memiliki 1,6 juta pelanggan. Angka ini merupakan penetrasi tercepat sepanjang sejarah antar operator global,” ucap Dian Rachmawan Direktur Consumer Telkom, baru-baru ini.
Dalam data yang dimilikinya, China Telecom di tahun kedua menawarkan Triple Play ke pasar hanya memiliki 940 ribu pelanggan, Verizon (687 ribu pelanggan), atau NTT (550 ribu pelanggan). Lebih lanjut, Dian menjelaskan bahwa Telkom sukses melakukan modernisasi jaringan akses tua yang berbasis kabel tembaga dengan jaringan akses baru berbasis Fiber-to-the-home (FTTH).
“Keberhasilan Telkom menggaet 1,6 juta pelanggan triple play dalam kurang dua tahun merupakan titik balik kembalinya kejayaan bisnis kami di Fixed Line yang lebih dari satu dekade tergerus oleh moda selular,” tegasnya.
Menurut Dian, masih terdapat potensi 20 juta rumah yang membutuhkan layanan fixed broadband di seluruh Indonesia.
“IndiHome sejak bulan lalu mulai memasuki pasar dual play untuk kebutuhan Internet dan telepon rumah. Varian dual play ini disebut dengan Indihome Fiber Netizen, ditawarkan dengan speed 10Mbps-100Mbps dan tetap mendapatkan gratis 1.000 menit telepon percakapan lokal dan interlokal setiap bulannya seperti pelanggan paket triple play,” ungkapnya.
Diharapkannya, sebagian pelanggan dual play nantinya dapat meng-upgrade layanan menjadi triple play untuk menikmati layanan ketiga, yakni UseeTV.
Dian memprediksi, kebutuhan rumah Indonesia saat ini dan masa depan tidak lagi one-play (telepon only) meskipun Telkom tetap melayani bila ada permintaan dari masyarakat. “Kita prediksi proporsi broadband dual play dan triple play akan berimbang jumlahnya,” tukasnya.
Dipaparkannya, sudah banyak para pemimpin daerah mencanangkan program smart home, smart city, smart province. “Tahun 2017, sekurangnya Telkom menargetkan penambahan 1,8 juta pelanggan baru IndiHome Fiber dengan tingkat pertumbuhan tertinggi penetrasi justru di kawasan timur Indonesia,” tutupnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post