Telkom University Ajarkan Digital Marketing Pada Siswa SMK

Telkom University

THE Young Rankings 2022: Telkom University Kampus Muda Yang Diakui Dunia (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Guna mendukung pemanfaatan perangkat digital marketing, dosen-dosen Telkom University berikan pendampingan secara berkala kepada staf dan tenaga pengajar di SMK Pariwisata Telkom Bandung.

Dosen Fakultas Ilmu Terapan Telkom University Abdurrahman Rahim Thaha, S.T., MBA. mengatakan, hal pertama yang perlu dilakukan dalam digital marketing adalah menentukan atau memastikan bahwa audiens dapat menemukan kita atau dalam hal ini SMK Pariwisata Telkom Bandung pada momen yang tepat.

Dalam hal ini penggunaan Google My Business sangat membantu dalam Search Engine Optimization dimana memiliki keuntungan berupa lebih mudah ditemukan oleh pelanggan, dapat mengelola Informasi Bisnis agar selalu up to date. Juga, dapat memposting artikel atau foto untuk meng-update mengenai bisnis kita, dan terakhir berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan,” ujar Abdurrahman, dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/2/2022).

Abdurrahman juga menekankan bahwa SEO cukup penting untuk mengembangkan sebuah website. Adapun keuntungannya, antara lain: mesin pencari adalah sumber informasi, traffic didominasi konten di halaman pertama, website ditemukan melalui berbagai kata kunci, brand awareness dan kredibilitas meningkat, hingga traffic organik lebih mudah dikonversi.

“Selain itu, terdapat tujuh indikator SEO yang perlu diperhatikan, yaitu struktur URL, penggunaan SSL/TLS, topik konten atau secara intense, struktur konten, meta tag, backlink, dan kecepatan website,” katanya.

Berdasarkan tujuh indikator tersebut, ia melakukan pengecekan SMK Pariwisata Telkom Bandung, dan didapatkan hasil bahwa dari ketujuh indikator tersebut masih banyak diperlukan peningkatan website untuk SMK Pariwisata Telkom Bandung. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan berbagi tools untuk meningkatkan setiap indikator seperti aplikasi matriks dan pendukung SEO website.

Sementara itu, Rio Korio Utoro S.Kom., M.T. memberikan materi tentang optimalisasi Whatsapp Bisnis untuk kegiatan marketing.

Rio menjelaskan secara spesifik bahwa langkah pertama yang perlu dilakukan oleh SMK Pariwisata Telkom Bandung adalah langsung melihat ke bisnis profile. Kedua, memasukkan foto produk ke katalog sekolah. Ketiga, away message digunakan untuk memberikan jawaban otomatis kepada pelanggan. Keempat, greeting message atau pesan sapa digunakan untuk memberikan sambutan otomatis kepada pelanggan baru atau pelanggan yang tidak berinteraksi lagi dengan kita.

Kelima, quick replace digunakan untuk menjawab secara cepat dengan mengetikkan shortcut untuk pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. “Terakhir, reach more customer, yaitu menggunakan short link yang dapat terhubung dengan Facebook ataupun Instagram,” ucap Rio.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version