Telkom University Jadi Universitas Swasta Pertama Terakreditasi Unggul

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Komitmen Telkom University dalam mencetak generasi unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia terus dibuktikan dengan meningkatkan mutu kualitas yang ada di Telkom University. Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) tahun 2021, Telkom University berhasil meraih akreditasi Unggul.

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya mengatkan, Telkom University diberikan kepercayaan untuk terus memberikan mutu pendidikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dengan predikat BAN-PT ini, Telkom University menjadi Perguruan Tinggi Swasta pertama di Indonesia yang meraih akreditasi Unggul.

“Ini merupakan bentuk amanah bagi kami (Tel-U), melalui pengakuan sebagai perguruan tinggi yang unggul di Indonesia, Telkom University terus berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi bangsa melalui pendidikan yang berkualitas,” kata Prof Adiwijaya dalam keterangannya, Rabu (5/5/2021).

Telkom University saat ini memiliki 37 Program Studi (Prodi) dari 7 Fakultas, dimana 62,1% atau 23 Prodi telah mengantongi akreditasi A, dan satu telah meraih akreditasi Unggul. 59 % diantaranya atau 19 Prodi telah terakreditasi internasional, antara lain IABEE, ASIC dan ABEST 21.

Berdasarkan peraturan BAN-PT nomor 1 tahun 2020, tentang mekanisme akreditasi, bahwa istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terakreditasi, untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

Arti dari akreditasi Unggul sendiri adalah ketika perguruan tinggi berhasil mendapatkan akreditasi unggul, dapat dikatakan bahwa universitas tersebut sangat baik mengenai prestasi yang ada di dalamnya dan telah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Pada tahun ini Telkom University juga berhasil masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021 berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs). Telkom University meraih peringkat pertama untuk PTS di Indonesia dan menempati peringkat ke-10 di Indonesia bersanding dengan 9 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), pada peringkat dunia Telkom University menempati peringkat 201-300 dunia.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version