Telkomsel Sedia 49 BTS Untuk Dukung Asian Games di Palembang

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan saat memimpin Apel Kesiapan Satgas Dukungan TelkomGroup di Event Asian Games 2018. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Telkomsel memperkuat jaringan di Palembang, Sumatra Selatan selama Asian Games 2018 melalui 44 base transceiver station (BTS) baru dan 5 BTS bergerak.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan pihaknya memperkuat infrastruktur guna mengantisipasi kenaikan trafik selama Asian Games yaitu 18 Agustus hingga 2 September 2018.

“Guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama berlangsungnya perhelatan Asian Games 2018 di Palembang, Telkomsel juga telah menambah jumlah BTS menjadi 44 BTS untuk menjangkau seluruh arena pertandingan di sekitar Jakabaring Sport City. Selain itu, tambahan sebanyak 5 Compact Mobile BTS (COMBAT) juga telah dioperasikan,” ujar Bob dalam keterangan resmi, Kamis (2/8/2018).

Pihaknya pun memasang teknologi Time Division Duplexing (TDD) Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) guna meningkatkan kapasitas layanan di titik prioritas utama salah satunya di Stadion Jakabaring.

Dengan teknologi tersebut, BTS 4G mampu mengirim dan menerima lebih dari satu sinyal data secara bersamaan meskipun melalui kanal radio yang sama. Hal itulah yang memungkinkan ruang kapasitas yang lebih besar.

Baca juga :   Workshop ke-2 GN 1000 Startup Digital

Selain itu, Bob menyampaikan pada penyelenggaraan Asian Games, pihaknya menyiagakan sekira 1.000 BTS di Jakarta dan Palembang. BTS ini akan menyentuh 175 titik utama yakni arena olahraga di Stadion Gelora Bung Karno dan Jakabaring.

Meskipun masih terdapat 16 hari jelang Asian Games, dia memastikan seluruh infrastruktur telekomunikasi telah siap digunakan. “Semua infrastruktur yang dibutuhkan telah kami siapkan,” pungkas Bob.

STEVY WIDIA