Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Telkomsel Terapkan Kecerdasan Buatan Untuk Tingkatkan Efisien dan Pelayanan

7 Agustus 2024
in News
Reading Time: 2 mins read
Telkomsel Terapkan Kecerdasan Buatan Untuk Tingkatkan Efisien dan Pelayanan
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Telkomsel menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) terkini untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkaya pengalaman pelanggan, dan menjaga daya saing di industri. Telkomsel kini melayani lebih dari 159,9 juta pelanggan mobile dan lebih dari 9,1 juta pelanggan fixed broadband (IndiHome-B2C).

Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan, untuk mempertegas technology leadership Telkomsel dalam pemanfaatan jaringan 5G, perusahaan telah membangun lebih dari 716 BTS 5G di 53 kota/kabupaten. Hal ini menjadikan Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital dengan cakupan jaringan 5G terluas dan tercepat di Indonesia.

“Kami menyadari bahwa era transformasi digital telah membawa perubahan besar, tidak hanya bagi industri telekomunikasi tetapi juga bagi industri media. Di tengah disrupsi teknologi ini, Telkomsel konsisten berinovasi menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan untuk memberdayakan masyarakat, menciptakan hari ini yang lebih baik, sekaligus membuka lebih banyak peluang ke depan untuk kemajuan Indonesia,” kata Nugroho pada Media Gathering Nasional 2024 Rabu (7/8/2024) di Jakarta.

Baca juga :   Hingga Oktober 2023, Honda Catat Penjualan Naik 7%

Salah satu penerapan AI ini adalah melalui layanan pelanggan Veronika, yang kini mampu memberikan interaksi pelayanan yang lebih natural dan intuitif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pelanggan. Selain itu ada Ted, sebuah Virtual Account Manager berbasis AI dengan teknologi Metahuman tercanggih, yang berperan dalam mengelola akun pelanggan bisnis dengan lebih responsif dan proaktif, menyediakan layanan dan dukungan yang unggul.

Pada kesempatan itu Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono memaparkan beragam inovasi layanan digital terbaru. Seperti MyTelkomsel Super App yang menawarkan berbagai fitur baru seperti layanan digital lifestyle yang mencakup health, travel, payment, entertainment dan commerce, yang memungkinkan pelanggan untuk mencatat performa olahraga lari, memesan tiket transportasi dan mengecek status penerbangan, berbelanja serta pembayaran tagihan di dalam satu aplikasi, hingga menonton video, mendengarkan musik, membaca artikel dan bermain game secara langsung melalui MyTelkomsel super app.

Baca juga :   XL Axiata Bebaskan Pelanggan Pilih Paket Data Sesuai Isi Kantong dan Kebutuhan

Telkomsel juga menerapkan teknologi kecerdasan buatan (AI) terkini untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkaya pengalaman pelanggan, dan menjaga daya saing di industri. Salah satu penerapan AI ini adalah melalui layanan pelanggan Veronika, yang kini mampu memberikan interaksi pelayanan yang lebih natural dan intuitif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pelanggan, hingga menghadirkan Ted, sebuah Virtual Account Manager berbasis AI dengan teknologi Metahuman tercanggih, yang berperan dalam mengelola akun pelanggan bisnis dengan lebih responsif dan proaktif, menyediakan layanan dan dukungan yang unggul.

Selain itu, melalui Telkomsel Enterprise, Telkomsel juga memposisikan dirinya sebagai product powerhouse bagi TelkomGroup untuk terus mendukung transformasi digital dan menghadirkan nilai tambah bagi pelaku bisnis, korporasi, UMKM, BUMN, dan lembaga-lembaga pemerintah melalui ragam produk inovatif dan solusi digital berbasis Data dan IT Solutions, IoT, hingga pemanfaatan teknologi 5G.

Baca juga :   Gaun Wayang Meggie di NY Couture Fashion Week 2017

“Dalam upaya menerapkan proses bisnis berkelanjutan, Telkomsel konsisten berkomitmen menjalankan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) dengan menjaga keberlangsungan bisnis selaras dengan pelestarian bumi, pemberdayaan sosial, serta menciptakan ekosistem digital yang aman dan bertanggung jawab melalui ragam inisiatif,” pungkas Saki.

Hasil survei Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (UI) menyebutkan, penetrasi internet oleh Telkomsel berkontribusi terhadap peningkatan konektivitas dan perekonomian masyarakat Indonesia.Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperkirakan pada tahun 2023 internet Telkomsel berkontribusi sebesar 1,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Sementara total kontribusi sektor informasi dan telekomunikasi pada tahun yang sama sebesar 4,23 persen.

Adapun total peningkatan pendapatan yang didapatkan oleh responden setelah menggunakan internet Telkomsel adalah Rp327 triliun.

 

 

STEVY WIDIA

 

Tags: Aplikasi MyTelkomselkecerdasan buatan (AI)Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI)TelkomselTelkomsel Enterprise
Previous Post

Laba SeaBank Kuartal II-2024 Naik 350% dari Tahun 2023

Next Post

tiket.com Jadi OTA dengan Inventori Terbesar di Indonesia

Related Posts

MyTelkomsel
News

Kerja Sama Igloo dan Telkomsel Hadirkan Layanan Asuransi di Aplikasi MyTelkomsel

23 September 2025
0
IndonesiaNEXT 2025 Pertajam Keahlian Berbasis AI Generasi Muda
Headline

IndonesiaNEXT 2025 Pertajam Keahlian Berbasis AI Generasi Muda

19 September 2025
0
Operator Telekomunikasi Tebar Promo Hari Pelanggan Nasional 2025
Headline

Operator Telekomunikasi Tebar Promo Hari Pelanggan Nasional 2025

6 September 2025
0
Load More
Next Post
tiket-com

tiket.com Jadi OTA dengan Inventori Terbesar di Indonesia

Fuse x Simas Jiwa

Insurtech Fuse Luncurkan Produk Asuransi Jiwa Dwiguna

BCA UMKM Fest 2024

Kontribusi UMKM Mencapai 61% dari PDB Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version