Terapkan Akses Kredit Bertahap, Honest Card Catat Penurunan 24% Kasus Gagal Bayar

Honest Card

Terapkan Akses Kredit Bertahap, Honest Card Catat Penurunan 24% Kasus Gagal Bayar (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Kartu kredit non-bank Honest Card menerapkan strategi yang berbeda dengan penyedia kredit konvensional, dengan membangun sistem kredit yang bertahap dan adaptif, menyesuaikan dengan kondisi keuangan pengguna.

Panji Puntadewa, Head of Operations Honest Card mengatakan, Honest Card dibangun dengan pendekatan yang memberi ruang untuk belajar, bertumbuh, dan membangun profil kredit yang sehat, yang minim risiko hutang yang menumpuk.

“Kami percaya, akses kredit yang sehat harus dimulai dari pemahaman yang realistis terhadap kondisi keuangan pengguna. Banyak orang sebenarnya ingin tertib secara finansial, tapi sistem yang rumit dan tidak berpihak justru membuat mereka terjebak,” ujar Panji, dikutip Rabu (28/5/2025).

Menurut Panji, fitur-fitur seperti kenaikan limit otomatis tiap bulan bagi pengguna yang rutin membayar tepat waktu dan pengembalian 100% biaya admin bagi yang melunasi tagihan telah terbukti mendorong terbentuknya perilaku finansial yang lebih sehat.

Strategi ini terbukti efektif dalam menekan risiko gagal bayar. Honest Card mencatat penurunan angka kasus keterlambatan pembayaran sebesar 24% sejak diluncurkannya fitur-fitur berbasis perilaku pengguna seperti kenaikan limit otomatis dan pengembalian biaya admin. Bahkan, lebih dari 30% pengguna Honest Card rutin membayar penuh dan melunasi tagihannya setiap bulan. Sebuah pencapaian yang mencerminkan efektivitas sistem berbasis edukasi dan kontrol mandiri.

Ditambahkan Panji, Honest Card mengusung pendekatan kredit yang bertujuan membangun profil keuangan jangka panjang, bukan sekadar memberikan akses instan ke limit besar. Pendekatan ini dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan pengguna, terutama bagi mereka yang baru memulai perjalanan kredit.

“Dengan sistem limit yang bertahap dan disesuaikan dengan perilaku penggunaan, Honest Card tidak hanya memberi keleluasaan dalam pembayaran, tetapi juga melindungi pengguna dari risiko akumulasi utang yang melebihi kapasitas finansial. Di saat yang sama, sistem ini mendorong disiplin dan tanggung jawab, sehingga membantu membentuk fondasi finansial yang sehat sejak awal,” tutup Panji.

Sejak diluncurkan, Honest Card mencatat pertumbuhan pengguna yang signifikan. Dalam periode Q4 2024 hingga Q1 2025, jumlah pengguna tumbuh sebesar 66%. Kelompok usia 36-50 tahun menjadi demografi dominan, sementara pengguna milenial dan Gen Z meningkat hampir 2x lipat dibanding tahun sebelumnya.

Sebagian besar transaksi terjadi pada kategori kebutuhan harian seperti e-commerce, transportasi, dan groceries, yang mengindikasi bahwa kartu kredit mulai dimanfaatkan sebagai alat pembayaran yang praktis untuk mengatur pengeluaran sehari-hari, bukan sekadar konsumsi impulsif atau simbol gaya hidup.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version