Terapkan Prinsip ESG, Cleo Gandeng Xurya untuk Pemasangan PLTS Atap

Cleo x Xurya

Ekspansi Bisnis, CLEO Peroleh Pendanaan Rp300 Miliar dari Bank BNI (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai realisasi penerapan prinsip ESG (Environmental, social, dan corporate governance), perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) melakukan pemasangan PLTS Atap di beberapa pabriknya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

ESG sendiri adalah prinsip dan standar pengelolaan bisnis atau perusahaan yang memiliki tujuan agar dapat menghasilkan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Eka Himawan, Managing Director Xurya mengatakan, komitmen pemerintah dalam mencapai tingkat bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025 mendatang menjadi motivasi Xurya dalam menarik lebih banyak industri untuk beralih menggunakan energi terbarukan.

“Praktik ESG beberapa tahun terakhir ini menjadi sorotan pelaku usaha dan perusahaan. Hal tersebut dikarenakan implementasi ESG memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Kami mengapresiasi langkah CLEO yang mulai mengimplementasikan prinsip ESG ini dan beralih menggunakan energi terbarukan untuk kegiatan operasional. Kami berharap PLTS Atap yang dipasang di delapan pabrik CLEO dapat membantu perusahaan dalam mencapai bisnis yang berkelanjutan dan berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon,” ujar Eka, Rabu (10/5/2023).

Hingga awal tahun 2023, PLTS Atap Xurya sudah terpasang di 8 pabrik CLEO yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Proyek PLTS Atap Xurya dengan CLEO telah berlangsung sejak pertengahan tahun 2022 dan kemungkinan akan terus bertambah di tahun 2023 ini.

Nio Eko Susilo, Direktur CLEO mengatakan pemasangan PLTS Atap ini merupakan salah satu cara perusahaan dalam berkontribusi dan mendukung target pemerintah mengenai bauran EBT.

“Kami juga berharap PLTS Atap ini menjadi salah satu bentuk perusahaan dalam mengimplementasikan prinsip ESG, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi energi dan berdampak pada penurunan biaya operasional perseroan. Kami memilih Xurya dalam memasang PLTS Atap mengingat Xurya merupakan perusahaan pemasang PLTS Atap di Indonesia untuk sektor industri & komersial. Xurya juga memiliki lebih dari 100 proyek PLTS Atap yang dapat membuat kami yakin bahwa kualitas PLTS Atap Xurya adalah yang terbaik untuk saat ini,” papar Nio.

Pemasangan PLTS Atap Xurya di 8 pabrik CLEO memiliki total kapasitas 6,3 juta kWh/tahun atau dapat menekan emisi karbon sebesar hampir 5,7 juta kg setiap tahunnya. Dengan kata lain, kapasitas daya tersebut dapat menekan banyaknya gas emisi yang dihasilkan oleh 545 juta smartphone yang melakukan pengisian daya atau setara dengan kemampuan 70 ribu pohon yang berusia 10 tahun karbon dalam menyerap karbon.

Selain itu, Voda, sister company CLEO juga memasang PLTS Atap Xurya di salah satu pabriknya yang berada di Kediri dengan kapasitas 304 ribu kWh/tahun dan sudah beroperasi sejak akhir tahun 2022 lalu.

Hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 130 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar. Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 120 juta kWh energi bersih dan membuat lebih dari 2.900 ketersediaan lapangan pekerjaan hijau.

 

HENNI S.

Exit mobile version