Terkumpul Rp15 Miliar Donasi, Zakat, Wakaf dan Fidyah Pada Ramadan 2022 di Tokopedia

Tokopedia NOW

Layanan Tokopedia NOW. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Meski berada di tengah pandemi, Indonesia dinobatkan negara paling dermawan di dunia oleh Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021. Hal ini terbukti, animo masyarakat dalam berbagi serta beribadah dari rumah selama Ramadan pun terus meningkat. Terkumpul lebih dari Rp15 miliar dari donasi, zakat, wakaf dan fidyah di Tokopedia.

“Untuk penyalurannya kami bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan terdaftar seperti Baznas, Rumah Zakat, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa. Kami transpran, semua pengguna dapat mengecek laporannya yang tersedia di halaman Kotak Amal Tokopedia,” tutur Ekhel Chandra Wijaya Head of External Communications Tokopedia dalam media gathering virtual, Kamis (12/05/2022).

Dia juga mengungkapkan, selama Ramadan 2022, masyarakat juga telah memenuhi berbagai kebutuhan melalui Tokopedia Ramadan Ekstra dan banyak kampanye lainnya. Hal ini mendorong Makanan dan Minuman (makmin), Fesyen dan Rumah Tangga menjadi kategori favorit masyarakat.

“Madu, kue kering dan kopi adalah produk makmin terlaris di Tokopedia Nyam!. Sedangkan mie instan jadi menu penyelamat sahur favorit di Tokopedia NOW,” ujar Ekhel.

Meningkatnya daya beli konsumen ini tentu berpengaruh pada tingkat penjualan para pelaku usaha. Di platform belanja Tokopedia contohnya, penjualan perlengkapan ibadah melonjak hampir 4 kali lipat. Kerudung, gamis dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim paling banyak diburu masyarakat.

Pipiltin Cocoa yang didirikan oleh Tissa Aunilla dan Irvan Helmi, merupakan contoh UMKM lokal yang memanfaatkan momen Ramadan dan Lebaran untuk mendongkrak penjualan. “Penjualan Pipiltin Cocoa meningkat lebih dari 3 kali lipat berkat kampanye Tokopedia Parsel Ramadan,” ungkap Tissa dan Irvan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version