youngster.id - Perhatian terhadap sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga sektor swasta. Pasalnya, sektor ini merupakan penggerak perekonomian negara. Tahun ini diharpakan UMKM kembali bisa bangkit dan berjaya.
Dhruv Kapoor, Co-Founder & CTO Zilingo mengatakan, ada tiga tren bisnis bagi UMKM agar bisa kembali terangkat di tahun ini. Pertama, adanya keinginan pelaku UMKM untuk berubah.
“Berubah di sini lebih ke digital. Mereka ada keinginan untuk itu. Sekarang, akibat keadaan, para UMKM tergerak untuk go digital,” ungkap Dhruv baru-baru ini.
Kedua, pelaku UMKM akan menekan inventori. Serta mendorong permintaan agar dapat menarik konsumen. Walau tak ditampik, pelaku UMKM juga lebih was-was dalam hal menyetok barang.
“Mereka banyak bilang ‘ayo kita push dulu untuk penjualan’, karena memang sekarang lagi masa recovery, ekonomi kita ngeluarin cash lagi itu lebih mindful,” jelasnya.
Ketiga, bisnis akan menjadi lebih terfokus pada data (data driven). Para pelaku UMKM ini, lanjutnya, akan mudah beradaptasi dengan keadaan, karena memang banyak sekali ketidakpastian di masa pandemi ini.
“Maka dari itu UMKM harus mudah beradaptasi dan juga berpaku pada data. Di Zilingo ini kita mau membantu UMKM untuk melihat tantangan-tantangan ini, dari sini kita bantu mereka, dari segi manufaktur, digital, pengadaan,” tambah dia.
Dukungan terhadap pelaku UMKM oleh Zilingo lewat berbagai kampanye lewat platform B2B milik Zilingo, Zilingo Trade, pun rutin diangkat untuk menjaga keberlangsungan para pelaku usaha lokal.
“Di zilingotrade.id, kami selalu mengadakan festival belanja setiap bulannya, tidak hanya di saat Harbolnas. Kami juga punya beberapa program promosi yang didedikasikan untuk merchant-merchant yang ingin mempromosikan produk mereka. Salah satunya adalah dengan program: Z Seller Week,” kata Dhruv.
Menurut Dhruv, teknologi digital merupakan pendorong kebangkitan UMKM. Untuk itu Zillingo Trade dirancang untuk memudahkan proses pengadaan untuk pelaku bisnis. Di platform B2B tersebut sudah tersedia berbagai macam kategori produk yang bisa diakses melalui website atau aplikasi.
Selain itu, Zilingo menggelar Z Seller Week yang menghadirkan penawaran eksklusif, peluang mereka untuk mendongkrak volume pesanan dan meningkatkan branding bakal lebih besar.
STEVY WIDIA
Discussion about this post