TikTok Jadi Wadah Baru Kreativitas Di Tengah Situasi Pandemi

tiktok

TikTok memiliki memiliki berbagai jenis kategori mulai dari komedi, fashion, kuliner hingga aneka tantangan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sejak hadir di Indonesia tiga tahun lalu, TikTok telah mencuri perhatian dengan aneka video yang hadir di dalamnya. Kini TikTok telah menjadi wadah baru bagi karya kreatif dari konten kreator yang berdampak pada tren di seluruh dunia, termasuk di tengah situasi Pademi Covid-19.

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-3 di Indonesia, TikTok, meluncurkan kampanye #SamaSamadariTikTok. Kampanye ini disebut sebagai bentuk penghargaan terhadap kreator, pelaku industri dan penikmat TikTok selama ini yang telah menjadikan TikTok tidak hanya wadah kreativitas tetapi juga memberikan dampak pada tren.

“Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung, dan saling menyemangati dalam melalui masa pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, kami berterima kasih karena selama 3 tahun TikTok telah menjadi rumah bagi kreativitas masyarakat Indonesia,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia dalam keterangannya, Kamis (17/9/2020).

Dia mengungkapkan, saat ini konten di TikTok telah mencapai 100 juta views per hari dengan 30 miliar views per bulannya. “Kami mencoba sedekat mungkin kepada kreator dan mendekatkan gap antara kreativitas dan eksekusinya,” pungkasnya.

TikTok diketahui rilis pada 7 Mei 2017. Kini sudah ada 100 juta download untuk aplikasi ini di Google Play Store dengan rating yang terbilang bagus yakni 4,4 dari 5 dengan berbagai jenis kategori mulai dari komedi, fashion, dan lain sebagainya.

Fandhy Thesia, Marketing Manager TikTok Indonesia mengatakan, kampanye#SamaSamadariTikTok untuk merayakan tren yang berawal dari TikTok. Mulai dari kesuksesan para kreator TikTok yang karyanya sudah dikenal banyak orang melalui konten mereka di TikTok, tren hashtag challenge yang menginspirasi hingga musik dari Indonesia yang semakin dikenal di dunia.

Seperti Video klip Lathi dari Weird Genius yang menginspirasi para kreator untuk merekonstruksi adegan transisi di video tersebut menjadi versi mereka sendiri, yang akhirnya membuat lagu ini menjadi salah satu yang paling populer di TikTok.  Juga lagu lawas Bagaikan Langit dari Potret yang kembali terkenal setelah ramai dipadukan dengan fitur Focus on Me bahkan menjadi tren di kalangan kreator luar negeri, termasuk  Howie Mandel dan akun resmi NBA.

Tak hanya musik, kreativitas pengguna juga telah menciptakan berbagai konten. Tantangan #SamaSamaBelajar misalnya menjadi tren dengan munculnya konten yang memberikan beragam tips, mulai dari cara mengerjakan soal matematika, trik fotografi, hingga belajar Bahasa asing. Selain itu ada banyak tantangan lain yang memperlihatkan kreativitas yang tanpa batas.

“TikTok berhasil mengubah kehidupan banyak orang melalui kreativitas serta bakat yang mereka miliki. Kami berharap ke depannya, TikTok tidak hanya tetap menjadi wadah yang menginspirasi tetapi juga menciptakan tren tidak hanya di Indonesia tetapi juga mencapai benua lain.” kata Fandhy.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version