TikTok Luncurkan Pusat Literasi Digital Dalam Aplikasi

Tiktok #CiptakanKebaika

Tiktok- #CiptakanKebaikan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - style="text-align: justify">TikTok meluncurkan Pusat Literasi Digital yang tersedia di dalam aplikasi (in-app). Peluncurannya sejalan dengan komitmen TikTok dalam menciptakan lingkungan digital yang aman bagi para pengguna.

Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Faris Mufid mengatakan, TikTok berkomitmen untuk menciptakan ruang digital yang aman guna melindungi para penggunanya dalam mengekspresikan dirinya secara autentik.

“Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memperkuat sistem keamanan demi mendukung terciptanya pengalaman berkreasi yang aman bagi para pengguna kami di Indonesia,” ujar Faris, dalam keterangan pers, Selasa (1/3/2022).

Dia melanjutkan, melalui Pusat Literasi Digital, TikTok telah menyusun pendekatan yang ada agar sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang dialami oleh para pengguna di Indonesia, misalnya tentang tantangan berbahaya maupun perundungan siber.

“Kami juga terus berusaha untuk menghadirkan sumber daya kesejahteraan digital untuk para komunitas lokal demi memastikan bahwa pengguna memiliki bekal informasi yang cukup untuk menghadapi lanskap digital yang terus berkembang,” imbuhnya.

Pusat Literasi Digital akan berfungsi sebagai portal satu atap yang berisi semua inisiatif edukasi TikTok seputar kesehatan mental, kesehatan siber, keselamatan pengguna, tantangan yang berpotensi berbahaya, dan topik terkait literasi digital lainnya.

Pusat tersebut juga akan menghadirkan berbagai tips menarik seputar literasi digital, mulai dari video, kuis, dan konten edukasi berbasis skenario. Sumber daya yang disediakan dirancang untuk memberdayakan pengguna untuk lebih cerdas dalam menanggapi konten online yang beredar sebelum ikut terlibat.

Selain itu, sumber daya TikTok juga ingin melengkapi pengguna dengan sarana untuk mengenali serta melaporkan konten yang tidak sesuai apabila menemukan konten sejenis di platform TikTok

Bersamaan dengan itu, TikTok berkolaborasi dengan Yayasan Semai Jiwa Amini, atau yang dikenal dengan SEJIWA Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada keselamatan dan perlindungan generasi muda pada lingkup digital.

Keduanya bekerja sama untuk mendorong pemanfaatan fitur keamanan yang tersedia pada aplikasi untuk melindungi diri dan orang lain secara daring (online), selagi menikmati pengalaman di dunia maya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version