Tim Indonesia Finalis di TFF Challenge 2016

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Mahasiswa Indonesia membawa Indonesia di lewat inovasi di bidang produk makanan. Dua tim mahasiswa Indonesia menjadi finalis pada Thought For Food Challenge (TFF Challenge) 2016. Dua tim tersebut yaitu Biteback dan Econoodle. Setelah melalui seleksi yang ketat, bersaing dengan 416 tim dari 105 negara di seluruh dunia, dua tim Indonesia akhirnya mampu melaju ke babak final. Bersaing dengan tujuh tim lainnya yang berasal dari Amerika, Brazil, India, Uganda, Kenya, UK dan Perancis.

Tim Biteback yang dibentuk oleh empat mahasiswa jurusan Tenologi Industri Pertanian, Universitas Brawidjaya ini menemukan minyak untuk memasak yang dibuat dari serangga meailworm atau larva kumbang. Inovasi minyak ini diyakini mengandung omega-3 yang tinggi dan zat besi yang membantu mengatasi anemia.

Sedangkan tim Econoodle tidak kalah seru dengan temuannya menciptakan mie berbahan dasar singkong. Berbekal singkong yang merupakan bahan makanan yang mudah ditanam di Indonesia membuat mie ini lebih efektif dan kaya akan nilai gizi dari pada mie berbahan tepung. Mie karya kumpulan tiga mahasiswa Universitas ternama (Universitas Indonesia, Universitar Trisakti, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) di Indonesia ini juga dikemas dengan kemasan yang mudah terurai di alam.

Final akan diselenggarakan di Zurich, Swiss pada 1-2 April mendatang. Pemenang akan berkesempatan untuk menerima investasi awal dengan total 15.000 US dollar yang setara dengan 208 juta rupiah untuk dapat mengimplementasikan programnya.

 

STEVY WIDIA