youngster.id - Tim PlusTree dari Institut Teknologi Bandung terpilih sebagai pemenang tingkat nasional L’Oréal Brandstorm 2020. Ini adalah inkubator inovasi dan sumber daya manusia terbaik untuk mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.
Tim ITB yang terdiri dari Antonius Reynard Affandi, Farhan Hadi Taskaya dan Karin Adriana mengembangkan inovasi dalam mengurangi penggunaan kemasan plastik satu kali pakai dengan kemasan biomasa yang dapat terurai ke dalam tanah. Sebagai juara tingkat nasional mereka beradu dengan tim lainnya dari 65 negara di tingkat internasional pada tanggal 23-24 Juni 2020.
“Melalui L’Oréal Brandstorm 2020 dengan tema utama “Build a Plastic-less Future in the Beauty Industry”, kami mengajak generasi muda Indonesia menciptakan inovasi ramah lingkungan guna mengurangi penggunaan plastik demi membangun masa depan industri kecantikan,” ungkap Umesh Phadke Presiden Direktur L’Oreal Indonesia dalam keterangannya, Senin (20/4/2020).
Setiap tahunnya, L’Oréal memberikan tantangan yang berbeda bagi para peserta. Tema pada tahun ini sangat spesial karena untuk pertama kalinya L’Oréal Brandstorm mengangkat komitmen pembangunan berkelanjutan perusahaan, Sharing Beauty with All, sebagai misi utama yang diberikan pada para peserta.
Restu Widiati, Human Resources Director, L’Oréal Indonesia menambahkan pihaknya ingin memaksimalkan potensi talenta-talenta muda Indonesia melalui kompetisi L’Oréal Brandstorm 2020. Lebih dari 1000 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia mendaftar serta mengirimkan ide-ide yang beragam menjadi bukti peran aktif keterlibatan generasi muda Indonesia dalam menciptakan inovasi untuk menjawab salah satu tantangan lingkungan terbesar saat ini.
“Tidak hanya berbagai inovasi yang sangat unik dan berbeda-beda, mereka juga membawa ide-ide baru untuk mengubah perilaku konsumen,” paparnya.
Inovasi tim ITB berjudul Plustree ini adalah inovasi mengubah material awal plastik pada kemasan yang terbuat dari minyak bumi menjadi bahan alami yang terbuat dari serat pati seperti jagung dan singkong. Di dalam kemasan PLUSTREE terdapat biji yang dapat tumbuh menjadi tanaman. Setelah digunakan oleh konsumen, kemasan PLUSTREE dapat ditempatkan ke dalam pot sebagai benih untuk menumbuhkan tanaman. PLUSTREE akan mengubah perilaku konsumen menjadi lebih sadar akan lingkungan dan membuat program komunitas ramah lingkungan dengan bantuan aplikasi interaktif.
“Pemilihan pemenang dilakukan dengan melihat empat aspek yaitu inovasi, manfaat, kesiapan pengaplikasian ide, dan skalabilitas,” jelas Mohammad Bijaksana Junerosano, pendiri Waste4Change,dan juri tamu L’Oréal Brandstorm 2020.
Dia berharap ide-ide ini dapat menjadi nyata dan dikaryakan untuk menjadi solusi pengurangan sampah plastik, khususnya di Indonesia,” tambahnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post