Senin, 27 Maret 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Tingkat Aktivitas di E-commerce Naik 70% Awal Pandemi

18 September 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
E-Commerce Expo Asia 2017 Digelar

Pameran e-commerce Asia di Taiwan. (Foto: Istimwa/Youngster.id)

youngster.id - Banyak berdiam di rumah akibat pandemi Covid-19 telah mendorong masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas di dunia maya. Dalam laporan terbaru AppsFlyer disebut, sesi in-app (waktu yang dihabiskan user dalam satu aplikasi) untuk kategori e-commerce dan shopping tercatat meningkat hingga 70% pada periode Februari-Juni 2020.

Laporan ini juga menyoroti pandemi Covid-19 yang menjadi faktor terbesar peningkatan App Install Ad Spend di kawasan Asia Pasifik yang mencapai nilai US$800 juta atau sekitar Rp11,8 triliun pada semester pertama 2020.

“Pandemi global memicu banyak konsumen menghabiskan waktu dan uang mereka di aplikasi belanja. Walaupun dibayangi resesi ekonomi dengan meningkatnya tingkat pengangguran, konsumen di seluruh dunia cenderung mengurangi kunjungan langsung ke pusat perbelanjaan dan toko. Mereka semakin beralih ke belanja online khususnya lewat perangkat mobile,” kara Ronen Mense, Managing Director dan President AppsFlyer APAC lewat keterangan, Jumat (18/9/2020).

Baca juga :   Dick Listijono : Permudah Mobilitas Masyarakat Lewat Layanan Sewa PowerBank

Laporan belanja bertajuk The State of Shopping App Marketing 2020 Edition menyebut, ada pertumbuhan 40% dalam pembelian rata-rata antara September (sekitar 4%) dan November 2019 (5,77%),  di Indonesia.  Selain itu, periode 11.11 menjadi hari penting untuk belanja di wilayah ini. Pembelian rata-rata mengalami penurunan antara Desember dan Maret 2020, tapi terdapat pertumbuhan sebesar 5,7% pada April 2020 saat puncak pandemi terjadi.

Laporan ini juga memprediksi bahwa periode 11.11 tahun ini akan mengalami peningkatan mengikuti kuatnya performa tahun lalu. Penginstalan aplikasi e-commerce dan shopping mencapai puncak permintaan tertinggi pada November 2019, yang mencapai angka 6,7% dan 6,5%.

Perhitungan laporan The State of Shopping App Marketing 2020 APAC dari AppsFlyer meliputi 750 aplikasi shopping, e-commerce, dan marketplace, 1,5 miliar penginstalan non-organik serta 9 miliar konversi retargeting di 80 miliar sesi, yang mana memberikan informasi mendalam tentang tren utama dari Januari 2019 hingga akhir Juni 2020.

Baca juga :   Glow, Serial Viu dan Ponds Rayakan Hari Ibu 2018

Di Asia Pasifik, permintaan terhadap aplikasi e-commerce dan shopping melonjak selama lockdown. Di Indonesia sendiri, rata-rata terdapat enam pembelanjaan per pengguna aplikasi shopping pada April 2020.

“Kami memperkirakan angka ini akan terus meningkat dengan periode 11.11 pada November mendatang dan musim liburan pada Desember dan Januari,” kata Mense.

Selain itu, para pengguna Android mengalami lonjakan angka konversi retargeting sebesar 2,3 kali antara Januari 2019 (3,5%) hingga Juni 2020 (7,9%) dan konversi retargeting sebesar 50% antara Januari dan Februari 2020. Puncak lonjakan konversi retargeting terjadi pada Mei (8,1%)–Juni (7,9%) yang melampaui periode Q4 sebesar 36%.

Indonesia mengalami penurunan penginstalan non-organik sebesar 40% antara Oktober 2019 (6,2%) dan Januari (3,7%). Akan tetapi, terdapat kenaikan yang lambat menjelang April (4,4%), namun kemudian meningkat cukup drastis 15% pada Mei (5,7%). Sebelum pandemi terjadi, di Asia Pasifik terdapat pertumbuhan sebesar 28% di angka sesi in-app, antara Juli 2019 (5%) dan Desember 2019 (6,4%).

Baca juga :   Sale Stock Ganti Nama Menjadi Sorabel

Bahkan ketika lockdown dilonggarkan di wilayah Asia Pasifik, terdapat peningkatan penginstalan aplikasi e-commerce sebesar 36% antara April 2020 dan Juli 2020.

 

STEVY WIDIA

Tags: AppsFlyere-commerceshopping
Previous Post

GoPlay Hadirkan 5 Judul Baru GoPlay Original

Next Post

Gojek Terapkan Protokol J3K di Depok

Related Posts

Wisata Halal
News

Perusahaan Asuransi Ini Kembangkan Layanan Digital “Direktori Halal Trip”

27 Maret 2023
0
Iqralabs
Headline

Startup Iqralabs Fasilitasi Belajar Baca Al-Qur’an dengan Guru Ngaji Profesional

27 Maret 2023
0
Logo baru Likee
News

Platform Video Pendek Likee Luncurkan Logo dan Slogan Baru

27 Maret 2023
0
Load More
Next Post
gojek bagi masker

Gojek Terapkan Protokol J3K di Depok

Kartu Contactless Jadi Cara Membayar Yang Aman di Masa Pandemi

Kartu Contactless Jadi Cara Membayar Yang Aman di Masa Pandemi

Riza Fadhilah : Sulap Kontainer Jadi Kafe dan Tempat Kongkow

Riza Fadhilah : Sulap Kontainer Jadi Kafe dan Tempat Kongkow

Discussion about this post

Berita Terbaru

Telkom - BPKP

Sinergi Telkom dan BPKP Hadirkan Solusi untuk Mudahkan Pemantauan Jaringan dan Sebagai Critical Alert Terhadap Gangguan

27 Maret 2023
0
Wisata Halal

Perusahaan Asuransi Ini Kembangkan Layanan Digital “Direktori Halal Trip”

27 Maret 2023
0
Iqralabs

Startup Iqralabs Fasilitasi Belajar Baca Al-Qur’an dengan Guru Ngaji Profesional

27 Maret 2023
0
Logo baru Likee

Platform Video Pendek Likee Luncurkan Logo dan Slogan Baru

27 Maret 2023
0
Alodokter

Platform Telemedisin Alodokter Luncurkan Jejak Rekam Medis Elektronik

27 Maret 2023
0
Wall's The Happiness Project

Walls Hadirkan Program Edukasi Kebahagiaan Untuk Anak di Indonesia

27 Maret 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version