Tingkat Inovasi Indonesia Naik

Mahasiswa Unair buat inovasi pembangkit listrik tanpa energi. (Foto: Unair/youngster.id)

youngster.id - Global Innovation Index (GII) 2018 merilis laporan terbaru. Dalam laporan GII 2018 yang dirilis tiap tahunnya oleh Cornell University, INSEAD and the World Intellectual Property Organization (WIPO) ini menunjukkan Indonesia memperoleh nilai tinggi dalam enam dari tujuh kategori yang ditetapkan dalam GII.

Dalam laporan tersebut Indonesia menempati posisi ke-85 atau naik dua peringkat dari capaian tahun lalu. Penilaian tinggi tersebut, datang dari indikator institusi (97), pembangunan manusia dan penelitian (94), infrasturktur (82), kemajuan pasar (59), kemajuan bisnis (89), serta kreativitas output inovasi (71). Skor yang didapat Indonesia, masih di atas rata-rata negara dengan penghasilan menengah ke bawah.

Dalam catatan GII 2018, Indonesia tampil lebih baik dalam output inovasi daripada input inovasi. Tahun ini, peringkat Indonesia dalam input inovasi meningkat mencapai posisi ke-90, naik dari posisi ke-99 pada 2017 dan 2016.

Untuk output inovasi, Indonesia menempati peringkat ke-73 atau posisi yang sama dengan tahun lalu. Input inovasi merupakan berbagai sumber daya yang diperuntukkan dalam proses menciptakan inovasi, sementara output inovasi merupakan hasil yang diperoleh dari inovasi itu sendiri.

Baca juga :   Beli Tiket Film Kulari ke Pantai Pakai DANA Lebih Hemat

Naiknya Indonesia posisi dalam GII 2018, juga menjadikannya menempati posisi ke-13 dari 30 negara berpenghasilan menengah bawah dalam laporan yang diterbitkan oleh WIPO ini. Sementara itu, untuk kawasan Asia Tenggara, Asia Timur dan Oceania, Indonesia menempati posisi ke-14 dari total 15 negara.

Meski demikian, posisi Indonesia masih di bawah, Malaysia, Thailand, Vietnam, Brunei Darusalam, serta Filipina. Untuk top 10 besar negara paling inovatif, GII 2018 menempatkan Swiss di urutan pertama, disusul oleh Belanda, Swedia, Inggris, Singapura, Amerika Serikat, Finlandia, Denmark, Jerman serta Irlandia.

 

STEVY WIDIA