Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tingkat Kesopanan Warganet Turun Selama Pandemi Covid-19

27 Juli 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
microsoft

Microsoft memperkenalkan fitur baru untuk membekali pendidik dalam memahami kompleksitas yang dihadapi siswa dan keadaan emosional mereka. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Studi Digital Civility Index (DCI) yang dilakukan Microsoft mengungkapkan terjadi penurunan tingkat kesopanan warganet dalam satu tahun terakhir. Dari 22 negara yang disurvei 82% responden di mengatakan bahwa tingkat kesopanan di dunia maya jauh lebih buruk setelah dimulainya pandemi virus corona.

Riset terbaru bertajuk Civility, Safety, and Interaction Online 2021 ini melakukan survei pada 11.067 orang, yang terdiri dari remaja 13 sampai 17 tahun dan orang dewasa 18 sampai 74 tahun. Dikutip dari blog resmi Microsoft, Senin (26/7/2021), hanya ada satu negara yang melaporkan tren kesopanan secara positif dalam satu tahun pandemi dan pembatasan global yaitu Kolombia.

Mereka mendapatkan survei tentang paparan terhadap 21 risiko online di empat kategori yaitu perilaku, seksual, reputasi, dan pribadi atau intrusif.

Baca juga :   Indonesia Jadi Tuan Rumah CitizenSofTMRW

Survei ini merupakan keenam kalinya dari penelitian kesopanan digital, yang secara berturut-turut dilakukan oleh Microsoft.

Microsoft melaporkan, pada 2021 kurang dari dua dari 10 responden (17%) yang mengatakan bahwa tingkat kesopanan daring meningkat sebagai akibat dari COVID-19. 30 persen lain menyebut bahwa itu memburuk.

“Harapan apa pun untuk peningkatan kesopanan daring pupus oleh penurunan total dalam tindakan positif,” tulis Microsoft.

Ada beberapa pernyataan indikator yang mendukung temuan ini. Misalnya dalam pernyataan “Saya melihat lebih banyak orang membantu satu sama lain” terdapat penurunan hingga 56%, dibandingkan 67% tahun lalu.

Pernyataan tentang rasa kebersamaan yang lebih besar juga menurun hingga 50% dari 62% pada 2020, dan pernyataan bahwa orang menjadi lebih mendukung satu sama lain anjlok ke 49 persen dari 57%.

Baca juga :   P2A Virtual Journey 2020: Bahas Green Growth dan Eco-Innovation

Responden yang “bersama-sama menghadapi krisis” juga turun ke 53% dari 59% pada 2020, dan mereka yang “lebih terhubung dengan teman dan keluarga” turun dari 56% ke 58%.

Di sisi lain, beberapa indikator negatif yang merupakan dampak dari pandemi Covid-19 menunjukkan peningkatan. Misalnya, responden yang mengeluarkan frustrasinya secara daring meningkat hingga 67% dari 60%. Sementara, mereka yang merasa orang menjadi kurang toleran meningkat hingga 59% dari 54%.

Meski begitu, Microsoft melaporkan bahwa terdapat penurunan di dua indikator dampak negatif yaitu pada menurunnya informasi yang salah dan orang-orang yang bertindak egois. Informasi yang salah dilaporkan menurun ke 60% dari tahun lalu yaitu 67%, sementara orang yang bertindak egois menurun ke 49% dibandingkan 52%  di 2020.

Baca juga :   Melalui Program Founders Hub, Microsoft Berikan Dukungan Teknologi Bagi Startup Naungan LLV

Laporan menyeluruh dari Digital Civility Index 2021 akan dirilis pada 8 Februari 2022 dalam peringatan Hari Internet Aman Sedunia.

 

STEVY WIDIA

Tags: MicrosoftStudi Digital Civility Index (DCI)tingkat kesopanan di dunia maya
Previous Post

DSC 12 Dorong Lahirnya Wirausaha Muda Yang Inovatif di Tengah Pandemi

Next Post

Festival Kota Mapan, Kolaborasi Grab dan EMTEK Untuk Dorong UMKM di Kota Kecil

Related Posts

AJARI.ai
Headline

Startup Pendidikan Berbasis AI AJARI.ai Raih Pengakuan Global Di Presight AI-Startup Accelerator

9 Juli 2025
0
Hackathon elevAIte Indonesia
Headline

Ajang Hackathon elevAIte Indonesia Dorong Generasi Muda Hadirkan Solusi Sosial lewat AI

4 Juli 2025
0
elevAIte Hackathon
Headline

Mahasiswa BINUS University Ciptakan Solusi AI untuk Isu-Isu Sosial Lewat elevAIte Hackathon

28 Juni 2025
0
Load More
Next Post
Festival Kota Mapan, Kolaborasi Grab dan EMTEK Untuk Dorong UMKM di Kota Kecil

Festival Kota Mapan, Kolaborasi Grab dan EMTEK Untuk Dorong UMKM di Kota Kecil

HappyFresh Gelar Hari Grocery Online Nasional 2020

Raih Pendanaan Segar, Valuasi HappyFresh Capai US$205 Juta

Pintek  Raih Pendanaan Sebesar US$5 Juta

Berkat UKM Pendidikan, Pintek Tumbuh Empat Kali Lipat di Semester Pertama Tahun 2021

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version