Tingkatkan Layanan Mudik, Tri Atur Beban Trafik Jaringan

Tim Manajemen 3 Indonesia pada peluncuran program Ramadhan Dobel Berkah, Selasa (7/5/2019) di Kembang Goela, Jakarta. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) terus meningkatkan kualitas layanan agar pelanggan Tri Indonesia dapat menikmati konektifitas internet selama perjalanan mudik ke kampung halaman.

Desmond Cheung, Chief Technology Officer 3 Indonesia mengungkapkan, untuk mendukung perjalanan mudik jalur darat, Tri Indonesia telah menyiapkan jaringan di sepanjang jalan tol Merak – Probolinggo dan meningkatkan kapasitasnya dengan penambahan sejumlah mobile BTS. Disamping itu, Desmon juga menilai bahwa ucapan selama Hari Raya Idulfitri lewat akun sosial media dan instant messenger meningkat mulai H-3.

“Pelanggan 3 tetap bisa menikmati perjalanan mudik. Menghilangkan kejenuhan dengan bermain game online, mengunduh video perjalanan atau hal menarik lainnya di ponsel. #SiapaTakut?” ucap Desmond belum lama ini di Jakarta.      

Tri Indonesia telah mempersiapkan perluasan kapasitas dan cakupan jaringan sejak awal tahun Sebagai bagian dari ekspansi agresif, Tri Indonesia membangun 8.000 sites 4G pada 2019.

Kemudian lebih dari 50% dari total sites tersebut telah dibangun di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Tambahan sites ini diperkirakan mampu menampung lonjakan trafik hingga 140%.

Baca juga :   Jaringan Telekomunikasi Selama Mudik dan Lebaran Sudah Siap

Dengan upaya ekspansi dan optimalisasi kapasitas ini, diharapkan pengalaman berinternet pelanggan Tri Indonesia akan semakin baik khususnya di  kota-kota yang menjadi tujuan mudik,  lokasi wisata dan titik layanan umum seperti pelabuhan laut dan udara, stasiun kereta api serta terminal bis. 

Tri juga melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri Indonesia tidak terpusat.

Desmond mengatakan, dengan diberlakukannya sistem tersebut memudahkan bagi perseroan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. 

“Disampingn Pelanggan Tri Indonesia dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi  instant messaging dengan lebih cepat, “ ujar Desmond.   

Pelanggan 3 yang mayoritas adalah anak muda, sambungya,  aktif menggunakan internet untuk streaming video, musik, game online dan sosial media saat malam hari dan pagi hari saat sahur, juga saat menempuh perjalanan mudik.  

STEVY WIDIA