Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tingkatkan Promosi Pariwisata Indonesia Lewat Media Sosial

23 April 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Tingkatkan Promosi Pariwisata Indonesia Lewat Media Sosial

Talkshow Menjaring Wisatawan di Era Digital, Jumat (22/4/2016) sore. Kiri-kanan : moderator Jakartakita.com, Wawan Ariyanto, Martini Paham, Andi Gevika (The grovesuites), dan Adi Rian (Pegipegi.com). (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Di Industri pariwisata, pemerintah telah menetapkan target kunjungan wisatawan sebesar 272 juta di tahun 2016. Untuk itu, Kementerian Pariwisata menjadikan e-tourism sebagai konsep promosi pemasaran dan pengembangan pariwisata. Salah satunya dengan menjadikan media sosial sebagai alat promosi pariwisata Indonesia.

“Kami menjaring berbagai macam komunitas, blogger, vlogger, bahkan yang dari luar negeri. Kami undang mereka ke sini dan membebaskan mereka menulis tentang pariwisata Indonesia,” kata Martini Diah Paham Deputy Director Kementerian Pariwisata Indonesia alam Talkshow “Menjaring Wisatawan di Era Digital”, Jumat (22/4/2016) di Jakarta, Jumat.

Diah mengatakan konsep e-tourism merupakan salah satu wujud dari digitalisasi pengembangan pariwisata.”Dunia digital itu keharusan. Karena itu strategi pariwisata sekarang adalah paid on the social (PoS), yakni berkerja sama dengan pihak-pihak yang berpengaruh seperti google adviser, youtube, dan baidu. Kamu pokoknya masuk ke semua ranah digital,” papar Diah.

Baca juga :   Snapchat Klaim 500 Juta Pengguna di Tengah Pandemi Covid-19

Dia menegaskan langkah itu untuk mencapai target kunjungan wisatawan ke Indonesia tahun 2016 yaitu 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta wisatawan nusantara.

Ada 10 kegiatan yang menjadi prioritas selama tahun 2016, yakni Festival Grebeg Sudiro, Dukungan Wisata Religi Dzikir Nasional, Gerhana Matahari Total, Festival Tambora, Festival Kuliner Nusantara, Lake Toba Ultra, Tour de Singkarak, Jakarta Marathon, Bono Surfing Expedition, dan Musi triboatton.

Serta ada 10 destinasi wisata yang diprioritaskan adalah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, tanjung Lesung, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Pulau Morotai.

“Kedepannya kami akan menambah prioritas destinasi,” kata Diah.

Keuntungan

Berpromosi lewat media digital, seperti social media, website perusahaan yang interaktif  memiliki sejumlah keuntungan. Seperti hemat biaya dan efektif, viral marketing, menjangkau beragam profil konsumen dan segmentasi serta , dapat menyebarkan informasi dengan luas dan cepat.

Di sisi lain konsep pemasaran digital mampu memberikan efisiensi biaya. “Selain mudah digunakan, dan menjangkau luas pemasaran digital memiliki biaya yang murah,” kata Wawan Ariyanto, Deputi Direktur Pemasaran dan Penjualan Angkutan Penumpang PT KAI Indonesia di kesempatan yang sama.

Baca juga :   Bekraf Gelar Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia

Menurut dia, saat ini pihaknya melayani 1 juta penumpang setiap hari, terbagi atas 850 ribu pengguna komputerline dan 180 ribu intercity. Dan dari itu 70 % dari pengguna jasa layanan KAI menggunakan layanan media online. Layanan itu menggandeng pihak lain seperti e-commerce. “Melalui kerjasama ini, PT KAI menargetkan angka penjualan 5,3 juta penumpang hingga H+5 periode lebaran 2016. Untuk itu PT KAI akan menghadirkan beragam promo khusus melalui layanan  hasil kerjasama tersebut,” ungkap Wawan.

 

STEVY WIDIA


Tags: digital erae-tourismmedia sosialpariwisatapromosiPT KAI
Previous Post

Ideafest 2016 Sambangi Yogyakarta

Next Post

Teknologi NFV dari XL Jawab Tantangan Industri Digital

Related Posts

Pertumbuhan UMKM di Bali Terdorong Naik Berkat Bisnis Online
Headline

Sektor Pariwisata Berkontribusi Pada Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2025

7 Agustus 2025
0
#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif
News

#IndonesiaGelap Capai 13 Juta Engagement di X, 81% Komentar Bersentimen Negatif

21 Maret 2025
0
keamanan siber
News

Ketergantungan Pada Platform Media Sosial Tingkatkan Ancaman Deepfake Phishing

29 Juni 2024
0
Load More
Next Post
Teknologi NFV dari XL Jawab Tantangan Industri Digital

Teknologi NFV dari XL Jawab Tantangan Industri Digital

Buah Durian Pengganti Antinyamuk

Buah Durian Pengganti Antinyamuk

Konsultasi Jurusan Kuliah Lewat Facebook Live

Konsultasi Jurusan Kuliah Lewat Facebook Live

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version