youngster.id - Sebelum pandemi, jumlah UMKM yang masuk dalam ekosistem digital baru mencapai 7 juta. Sehingga saat ini, pelaku usaha yang sudah onboarding telah mencapai 19 juta UMKM. Jumlah tersebut masih kurang 11 juta UMKM untuk mencapai target 30 juta UMKM onboarding pada 2024.
Tokopedia yang memiliki sekitar 12 juta penjual, dimana hampir 100%nya UMKM lokal juga terus mendukung para pelaku UMKM. Head of Product (Campaign) Tokopedia Helena mengatakan, pihaknya terus mendukung para pelaku UMKM yang baru memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.
“Kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” ujar Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena.
Tokopedia melalui Helena membagikan lima tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.
- Pantau Produk yang Sedang Trending di Pasar – Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. “Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” saran Helena.
- Pelajari Rekomendasi Harga Produk di Pasar – Lakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing. “Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasi Tokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli,” jelasnya.
- Pantau Performa Produk – Pegiat usaha dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain, sehingga sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal.
- Lakukan Testing Penjualan – Melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris. “Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka,” kata Helena.
- Kumpulkan Aspirasi Pembeli – Gunakan fitur Pengingat Ulasan di aplikasi Tokopedia Seller untuk mengajak pembeli menulis ulasan setelah transaksi selesai secara otomatis. “Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar,” pungkas Helena.
STEVY WIDIA
Discussion about this post