Tips Analisis Pasar Bagi UMKM untuk Kembangkan Usaha

Tokopedia

Bisnis jualan online (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebelum pandemi, jumlah UMKM yang masuk dalam ekosistem digital baru mencapai 7 juta. Sehingga saat ini, pelaku usaha yang sudah onboarding telah mencapai 19 juta UMKM. Jumlah tersebut masih kurang 11 juta UMKM untuk mencapai target 30 juta UMKM onboarding pada 2024.

Tokopedia yang memiliki sekitar 12 juta penjual, dimana hampir 100%nya UMKM lokal juga terus mendukung para pelaku UMKM. Head of Product (Campaign) Tokopedia Helena mengatakan, pihaknya terus mendukung para pelaku UMKM yang baru memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.

“Kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” ujar Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena.

Tokopedia melalui Helena membagikan lima tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version