youngster.id - Pandemi corona bukan hanya berdampak terhadap kesehatan, tetapi juga operasional Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Meski demikian, hal ini tentu jangan menyurutkan semangat berusaha. Facebook Indonesia membagikan enam tips untuk meningkatkan pendapatan di saat pandemi ini.
Head of Marketing Facebook Indonesia, Hilda Kitti mengungkapkan, UMKM mampu melewati masa krisis ini dengan mengoptimalkan perangkat mobile dan jaringan yang telah mereka bangun.
“Kami yakin bahwa UMKM mampu menjangkau lebih banyak orang pada momen ini dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek, melalui cara yang lebih dekat dan efektif,” tutur Hilda melalui keterangan resmi Jumat (27/3/2020)
Menurut dia, masyarakat Indonesia kerap memanfaatkan perangkat mobile untuk mendukung ritual keagamaan selama Ramadan. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.
“Hal itu memiliki aspek sosial yang penting, sehingga, pemilik merek dan UKM memiliki sebuah peluang untuk membangun interaksi dengan pelanggan mereka melalui konten yang relevan,” jelas Hilda.
Berdasarkan riset yang dilakuan, platform digital besutan Facebook, misalnya, WhatsApp menjadi media sosial terfavorit karena dipilih oleh sekitar 85% responden. Selain eksis di platform digital, Facebook juga menyarankan agar pelaku UMKM bisa memahami perilaku konsumen.
Pada bulan Ramadhan, Facebook menemukan, konsumen melakukan kegiatan bervariasi berdasarkan tema bulan suci. Sebanyak 71% responden, misalnya, gemar memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa, di mana 52% responden senang melakukan pekerjaan rumah tangga untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan.
Ada pula 53% responden yang mengaku memanfaatkan momen tersebut untuk membeli baju baru, serta 46% responden yang mengatakan bahwak mereka kerap membeli hadiah untuk kerabat atau keluarga. Melihat beragam aktivitas tersebut, menurut Facebook, pelaku UMKM harus memahami perilaku konsumen dan memanfaatkan peluang tersebut untuk menciptakan beragam ide bisnis.
Beberapa di antaranya seperti membuat produk yang bermanfaat sesuai dengan aktivitas yang ramai dilakukan di bulan Ramadhan, membangun interaksi yang bermakna serta relevan dengan konsumen, memberikan tips di bulan suci, dan lain sebagainya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post