Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Toko Online Tingkatkan Promosi Industri Kecil

10 Februari 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Toko Online Tingkatkan Promosi Industri Kecil
0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Untuk dapat meningkatkan keberadaan industri usaha kecil dan menengah (UKM) diperlukan  promosi yang gencar. Salah satu cara promosi yang dinilai dapat mendorong hal itu adalah melalui toko online. 

I Wayan Dipta Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, salah satu upaya pemerintah untuk mendorong berkembangnya pelaku UKM agar tetap bisa bersaing di dalam negeri dilakukan dengan promosi gencar melalui internet.

“Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan akses terhadap pasar sudah diakui. Salah satu yang digalakkan pemerintah adalah mempromosikan industri kecil dan menengah untuk menjual produknya dengan e-commerce, dalam hal ini dengan marketplace yang ada di Indonesia,” kata Wayan dalam diskusi Peluang dan Tantangan Koperasi dan UKM dalam Bisnis E-Commerce yang dilansir liputan6.com.

Baca juga :   Doku Terapkan Cashless Untuk Pebisnis Online

Saat ini, kata Wayan, sudah lebih dari 4.000 produk miliki pelaku bisnis UKM yang dijajakan melalui internet. Menurut dia, dengan makin banyaknya promosi yang dilakukan melalui marketplace, maka pelaku UKM akan lebih banyak memiliki pembeli yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Salah satu langkah yang perlu dikawal adalah peningkatan kapasitas UKM sehingga bisa mendapatkan pembeli, mempermudah transaksinya, serta sertifikasi produk,” ujar Wayan.

Hanya saja tantangan yang dihadapi bisnisUKM adalah belum meleknya pelaku UKM atas teknologi internet. Masih banyak pelakuUKM yang belum mengerti cara berjualan melalui internet. Selain itu, ketidaktahuan akan keamanan transaksi juga membatasi ruang bagi pelakuUKM untuk berkembang.

Mendukung upaya tersebut, Co-founder sekaligus Chief Financial Officer Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan, tantangan bisnis bagi pemula adalah masalah modal dan distribusi produk.

Baca juga :   Jambore HIPMI, Kembangkan Wirausahawan Muda Berkualitas

Ia mengatakan, dengan adanya internet, kedua hal tersebut bisa diatasi. Menurutnya, jika pebisnis pemula memiliki usaha berskala kecil tidak memerlukan banyak modal.

“Nanti setelah ditawarkan melalui internet dan ada yang beli, baru keluar modal. Selain itu, melalui internet pula, distribusi bisa dilakukan ke seluruh Indonesia maupun dunia sehingga sangat menguntungkan,” kata Fajrin dalam kesempatan yang sama.

Ia menyebut, untuk berjualan di internet, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah konten.

“Karenanya, ada istilah content is king. Jadi, kalau jualan melalui e-commerce, yang penting barang dagangannya karena yang paling mengerti pasar Indonesia ya orang Indonesia sendiri” ujarnya memberi penjelasan.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceindustri keciltoko onlineUKM
Previous Post

Fenox Gelar Kompetisi untuk Startup ASEAN

Next Post

Investasi Asing Dapat Kembangkan e-Commerce Lokal

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Investasi Asing Dapat Kembangkan  e-Commerce Lokal

Investasi Asing Dapat Kembangkan e-Commerce Lokal

Inilah Tujuh Isyu Strategis Pada Roadmap e-Commerce Nasional

Inilah Tujuh Isyu Strategis Pada Roadmap e-Commerce Nasional

Kolaborasi Startup Bikin Program EKA BIMA

Kolaborasi Startup Bikin Program EKA BIMA

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version