youngster.id - Memaksimalkan nilai tambah pada pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu, pusat layanan pelanggan yang 100% berbasis digital Tokopedia Care.
Senior Vice President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe mengatakan, sebagai perusahaan teknologi Tokopedia berupaya memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan lewat Tokopedia Care yang tersedia 24/7 melalui berbagai kanal–sehingga pertanyaan pelanggan dapat dijawab secara cepat, tepat dan transparan.
“Tokopedia Care menggabungkan tiga elemen dalam memberikan customer experience terbaik, yaitu human touch lewat tim Customer First Squad atau CFS, teknologi dan voice of customer dengan mempertimbangkan umpan balik dari pelanggan,” jelas Rudy, Jumat (1/9/2023).
Menurut Rudy, sekarang Tokopedia sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Pelanggan Tokopedia pun mencakup pembeli maupun penjual. Maka untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan, ribuan Nakama di Tokopedia termasuk CFS menciptakan berbagai inovasi di ranah customer experience.
Misalnya melalui manajemen service-based dimana jalur penanganan pertanyaan pelanggan kini disesuaikan berdasarkan topik sehingga solusi yang ditawarkan Tokopedia Care bisa lebih akurat. Juga, personalisasi customer experience yang memberikan pengalaman yang lebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.
“Tokopedia Care juga berinvestasi di artificial intelligence (AI) dan automasi guna meningkatkan kualitas dan efisiensi customer experience melalui automasi dan TANYA (asisten virtual Tokopedia Care), serta mengembangkan real-time customer engagement hub yang merupakan sistem untuk memantau aktivitas internal dan sentimen eksternal (contohnya di media sosial) secara real-time,” tambahnya.
Selain mengakomodasi pembeli, Tokopedia juga merupakan rumah bagi lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100% pelaku UMKM lokal, yang notabene penyokong lebih dari 60% PDB nasional. Hal ini mendorong Tokopedia–melalui Tokopedia Care–senantiasa memberikan nilai tambah bagi penjual demi sekaligus membantu tumbuh kembang mereka.
Caranya dengan menghadirkan high-end service experience, yang mencakup: interaksi dalam aplikasi yaitu kurasi artikel bantuan yang dirancang khusus untuk penjual; low-touch communication yang merupakan sistem customer experience berbasis digital; dan high-touch communication yaitu komunikasi lewat Relationship Manager (RM) dan CFS.
“Berkat sederet inovasi yang telah kami lakukan, Tokopedia Care berhasil memberikan solusi bagi pelanggan dengan makin cepat, tepat dan efisien. Produktivitas CFS juga makin meningkat. Hal ini bisa sekaligus mendukung misi besar Tokopedia dalam menciptakan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” tutup Rudy.
STEVY WIDIA
Discussion about this post