Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Tokopedia Dukung Kreator Lokal Lestarikan Budaya Betawi

21 Juni 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia

Mohamad Ardiansyah pemiliki Betawi Online yang ada di Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Memasuki usia ke-493 kota Jakarta, beragam cara dapat dilakukan masyarakat untuk melestarikan kebudayaan di Indonesia, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi. Hal ini yang dilakukan oleh tiga pegiat usaha lokal asal Jakarta yang turut mengenalkan dan melestarikan budaya khas Betawi lewat Tokopedia.

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel mengungkapkan, saat ini Tokopedia menjadi rumah bagi lebih dari 8,3 juta penjual, dimana 94%nya berskala ultra mikro.

“Oleh sebab itu, Tokopedia selalu berkomitmen memberikan panggung seluas-luasnya bagi para kreator lokal untuk berkarya dan berinovasi lewat kanal digital, salah satunya melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia,” ujar Ekhel melalui keterangan persnya Sabtu (20/6/2020).

Dia menambahkan selain mendukung masyarakat dalam menciptakan peluang usaha terutama di tengah pandemi seperti ini, pemanfaatan teknologi juga dapat berkontribusi dalam melestarikan budaya lokal.

Baca juga :   Masyarakat Yang Bekerja Dari Rumah Memicu Peningkatan Transaksi Pada Produk Wellness

Dalam rangka merayakan HUT ke-493 DKI Jakarta, Tokopedia juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghadirkan Jakarta Great Online Sales pada 20-22 Juni 2020.

Salah seorang penjual di Tokopedia yang berangkat dari budaya lokal yagn pertama adalah Betawi Online milik Mohamad Ardiansyah. Sejak 2014 Ardi fokus memasarkan cendera mata dan produk kerajinan tangan khas Betawi seperti, ondel-ondel, mainan tradisional (congklak, yoyo, gasing), kain batik, hingga peci dan pakaian adat Betawi. Ardi juga bekerja sama dengan banyak pengrajin lokal yang tersebar di beberapa daerah seperti Bogor, Bekasi dan Jawa Tengah.

“Kehadiran platform digital sangat membantu pegiat UMKM lokal seperti kami. Lewat Tokopedia, usaha Betawi Online Shop telah berhasil menjual lebih dari 50 ribu produk dengan omzet rata-rata per bulan mencapai Rp20-30 juta,” jelas Ardi.

Baca juga :   PasarPolis Perolehan Pendanaan Seri A Untuk Kembangkan Produk Inovatif

Untuk memastikan usahanya tetap berjalan di tengah pandemi, Ardi melakukan inovasi terhadap produknya. “Sebagai pelaku usaha, kita harus bisa melihat produk apa yang dibutuhkan konsumen. Saya juga berencana memproduksi masker kain dengan motif khas Betawi untuk membantu masyarakat di tengah new normal,” ujar Ardi.

Sama seperti Ardi, Deni Ardini juga memiliki semangat untuk turut berkontribusi terhadap pelestarian budaya Betawi. Dia mendirikan usaha oleh-oleh khas Betawi Mpok Nini di awal Ramadan 2011.

“Saya mendirikan Mpok Nini ini karena melihat sangat jarang ditemukan tempat jualan oleh-oleh khas Betawi di Jakarta. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, saya mulai memanfaatkan kanal digital seperti Tokopedia. Sebagai pelopor marketplace yang menggunakan pengiriman instan dari berbagai layanan transportasi online, Tokopedia sangat mempermudah saya dalam mengirimkan produk secara cepat dan aman,” ungkap Deni.

Baca juga :   Masa Depan Eksplorasi Migas Indonesia Masih Menjanjikan

Kini Mpok Nini telah berhasil memproduksi berbagai macam makanan dan minuman khas Betawi, mulai dari kue kembang goyang, biji ketapang, dodol Betawi, kue akar kelapa hingga bir pletok. Sejak 2012, Mpok Nini telah memiliki sertifikasi halal MUI dan juga dari Dinas Kesehatan P-IRT, sehingga bahan-bahan yang digunakan oleh Mpok Nini merupakan bahan yang halal.

Dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia, Deni mampu menjual sekitar 500-700 paket oleh-oleh khas Betawi per bulan sehingga lebih dari 50 persen penjualan Mpok Nini berasal dari Tokopedia. Selain itu, Deni telah mempekerjakan 8 orang karyawan yang bertanggung jawab dalam proses produksi hingga pengemasan.

FAHRUL ANWAR

Tags: HUT ke-493 DKI JakartaJakarta Great Online SalesTokopedia
Previous Post

Sistem Terintegrasi LOKET Dukung Kesiapan Tempat Publik Beroperasi Kembali

Next Post

Facebook Akuisisi Perusahaan Pembuat Teknologi Pemetaan

Related Posts

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
Load More
Next Post
Facebook Akuisisi Perusahaan Pembuat Teknologi Pemetaan

Facebook Akuisisi Perusahaan Pembuat Teknologi Pemetaan

Samsung Hadirkan BTS Pada Edisi Spesial Galaxy S20+ dan Buds+

Samsung Hadirkan BTS Pada Edisi Spesial Galaxy S20+ dan Buds+

Modal Ventura BEENEXT Fokus Pendanaan Startup di Asia Tenggara

Modal Ventura BEENEXT Fokus Pendanaan Startup di Asia Tenggara

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version