Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Tokopedia Dukung Pengiat UMKM Lewat Inisiatif Hyperlocal

16 Maret 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
Tokocabang Tokopedia

Tokocabang dari Tokopedia. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Tokopedia telah menjaring lebih dari 10 juta penjual dan hampir 100% nya merupakan pengiat UMKM. Untuk menegaskan keberpihakannya kepada pegiat usaha lokal, e-commerce ini menggelar inisiatif hyperlocal.

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho mengatakan, penetrasi intensif ke tingkat lokal ini tentu berangkat dari kepedulian pengiat usaha dalam negeri yang sangat potensial,  sehingga peran platform e-dagang dirasa menjadi sangat penting guna membantu usaha tersebut.

“Tokopedia akan fokus mendukung pegiat usaha lokal untuk terus mengembangkan usaha. Ini merupakan cerminan inisiatif hyperlocal Tokopedia demi mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” kata Trian dalam keteranganya, Senin (15/3/2021).

Trian bersama lebih dari 100 karyawan Tokopedia di Tim RGX Tokopedia, membantu UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia meningkatkan daya saing bisnis, khususnya di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi, agar dapat meraja di negeri sendiri.

“Kami menyadari pentingnya peran UMKM lokal dalam menggerakkan perekonomian daerah, maka kami terus memberikan pendampingan dan edukasi, misal dalam bentuk webinar, bagi pebisnis baru. Tokopedia juga kerap mengadakan community gathering melalui media sosial, yang bisa menjadi wadah bagi para penjual untuk saling bertukar informasi,” jelas Trian.

Baca juga :   Tokopedia Dorong Digitalisasi UMKM Home and Living Hadapi Pandemi

Beragam program pun dihadirkan, salah satunya Kumpulan Toko Pilihan (KTP), yang dimulai pada Oktober 2020 silam. “Program ini bertujuan mempermudah masyarakat mendapatkan beragam produk dari penjual setempat sekaligus membantu penjual setempat mempertahankan bisnis dan berkontribusi ke perekonomian daerah,” lanjut Trian.

Sejak awal diadakan, kenaikan transaksi pada penjual yang berpartisipasi di program KTP berhasil meningkat hingga 5x lipat. Boho Baby, salah satu pegiat usaha lokal asal Semarang yang menjual berbagai perlengkapan bayi, mencatatkan kenaikan transaksi hingga 6x lipat karena mengikuti program KTP Tokopedia.

Selain itu, jumlah pembeli baru di Tokopedia di kota-kota yang menjadi fokus Tim RGX  seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar, juga meningkat hingga 11x lipat. Tokopedia juga konsisten berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah daerah, demi mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya UMKM lokal. Misalnya melalui kegiatan online, seperti Jatim Fair dan Festival Produk Lokal Kota Batu.

Baca juga :   Rumah Desain, Tempat Lahirnya Tren Fashion Baru

Selama pandemi, penjual di Tokopedia yang hampir 100% nya UMKM lokal, diketahui mengalami peningkatan dari yang semula berjumlah lebih dari 7,2 juta penjual (Januari 2020) menjadi lebih dari 10 juta saat ini. “Strategi selanjutnya kami akan terus mendukung keberadaan dan perkembangan UMKM lokal lewat berbagai inisiatif, kolaborasi, juga inovasi digital,” tandasnya.

 

 

FAHRUL ANWAR

Tags: Hyperlocal TokopediaKumpulan Toko Pilihan (KTP)TIm RGX TokopediaTokopedia
Previous Post

Kontribusi Pajak TelkomGroup Tumbuh 3,24% di Tahun 2020

Next Post

Agro Solution, Inovasi Berkelanjutan Bagi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Related Posts

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
Load More
Next Post
Pupuk Kaltim

Agro Solution, Inovasi Berkelanjutan Bagi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

polusi plastik

EPPIC, Kompetisi Penyelesaian Limbah Plastik di Laut Indonesia

gamer perempuan

Game Talent ID, Program Menjembatani Akademisi dan Pelaku Industri

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version