Tokopedia Perluas Fitur Untuk Pengguna Android

Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Layanan e-commerce Tokopedia memperluas fitur untuk pengguna OS Android. Hal ini berangkat dari data bahwa aplikasi Tokopedia telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia sejak tahun 2016.

Head of Engineering Tokopedia Rico Harisin mengatakan, ada sejumlah inovasi untuk mempermudah pengalaman berbelanja pengguna yang memakai perangkat Android. Mulai dari Dynamic Feature, hingga penggunaan Google Assistant.

“Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Android pengguna sehingga aplikasi kami bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat,” kata Rico dalam keterangannya, Rabu (18/11/2020).

Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49,9MB menjadi 36MB.

Lebih lanjut, ada App Action Google Assistant yang mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dengan perintah suara lewat teknologi App Action, tanpa harus membuka aplikasi dan navigasi ke menu tertentu.

Fitur ini juga telah memungkinkan pengguna dapat mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data, dengan lebih cepat dan mudah.

Selanjutnya, ada Android App Shortcut dan Voice to Text di Search Bar. “Kemudahan ini membantu masyarakat mencari barang yang dibutuhkan di kolom pencarian Tokopedia dengan fitur pengetikan teks lewat input suara,” kata Rico.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version