Tokopedia x KBRI Paris Dukung ‘Jewel Rocks’ ke Paris Fashion Week

Jewel Rocks

Perhiasan buatan tangan Jewel Rocks. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tokopedia bersinergi dengan Kedutaan Besar RI Perancis mendukung UMKM lokal, Jewel Rocks, asal Bali ke kancah global dalam perhelatan Paris Fashion Week. Jewel Rocks adalah  pegiat usaha perhiasan buatan tangan yang terpilih menjadi salah satu UMKM lokal yang akan memamerkan koleksi autumn/winter 2022 di Paris Fashion Week Showroom.

Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar menyampaikan, Perancis sebagai salah satu kiblat mode dunia dapat dimanfaatkan sebagai akses bagi para desainer Indonesia merambah pasar internasional.

“Dukungan bagi UMKM Indonesia merupakan bagian dari upaya pemerintah RI mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Dubes Oemar dalam keterangan pers, Senin (7/3/2022).

Koleksi Jewel Rock tampil dalam program ‘Indonesian Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency’. Showroom ini berlangsung pada 4-7 Maret 2022 di Palais Brongniart, Paris.

“Kami berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya untuk para pelaku UMKM lokal Indonesia agar mereka bisa terus berkembang khususnya di masa pandemi bahkan sampai ke kancah global,” kata Astri Wahyuni Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia.

Pemilik usaha Jewel Rocks, Imelda Widjaja mengatakan bisnis ini dimulai sejak 2006. Dia mengaku terinspirasi dari hobi mengumpulkan perhiasan sebagai cendera mata setiap kali sedang bepergian. “Saya akhirnya mendapatkan ide untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan unsur tradisi mulai dari teknik maupun tema,” kata Imelda.

Dalam menjalankan usahanya, Imelda berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin perak, resin, manik kaca dan pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur dan Bandung. Dengan modal awal Rp500 ribu, kini Jewel Rocks telah memiliki 10 karyawan, yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

“Selama pandemi, platform digital seperti Tokopedia sangat membantu bisnis kami. Dalam sebulan kami bisa mendapatkan hingga 150 pesanan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan omzet kami pada 2021 meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2020,” jelas Imelda.

Untuk perhelatan Paris Fashion Week, Imelda telah menyiapkan 10 desain baru yang belum diluncurkan di Indonesia, serta memamerkan koleksi favorit pelanggan dari Jewel Rocks.

“Harapannya, saya bisa membawa nama Indonesia melalui ajang ini sehingga pembeli di kancah internasional bisa melirik potensi usaha lokal yang semakin banyak dan berkualitas,” tutup Imelda.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version