youngster.id - Pesta diskon Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 sukses menarik 61% pengguna internet di Indonesia untuk berbelanja online. Bahkan berhasil mencatat total transaksi Rp 3,3 triliun.
Kegiatan yang digelar pada 12-14 Desember 2016 itu diikuti 211 pelaku e-commerce dari berbagai kategori.
Direktur PT The Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri mengatakan, tahun ini penjualan selama tiga hari Harbolnas 2016 mengalami kenaikan dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp 3,3 triliun. Sebanyak 211 e-commerce yang berpartisipasi juga mencatat kenaikan rata-rata penjualan hingga 3,9 kali dibandingkan hari biasa.
“Dalam tiga hari, estimasi nilai total transaksi Harbolnas 2016 mencapai Rp 3,3 triliun. Hal utama yang memengaruhi online shopper untuk belanja di Harbolnas 2016 adalah diskon besar dan gratis ongkos kirim,” papar Rusdy Sumantri di acara konferensi pers Pasca Harbolnas 2016, Senin (19/12/2016) di Jakarta.
Dalam pesta diskon tahunan tersebut, transaksi tertinggi terjadi pada kategori fashion (68%), diikuti oleh teknologi atau gadget (44%). “Dari data-data itu, saya melihat tujuan Harbolnas untuk mengajak masyarakat mulai belanja online sudah tercapai. Selain makin banyak pengguna internet yang berbelanja online, kontribusi dari kota-kota di luar Jawa juga semakin meningkat,” tambah Rusdy.
STEVY WIDIA
Discussion about this post