Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Trafik Data XL Axiata Naik 15% Selama Libur Akhir Tahun 2023

8 Januari 2024
in News
Reading Time: 3 mins read
XL Axiata

Trafik Data XL Axiata Naik 15% Selama Libur Akhir Tahun 2023 (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan pada periode ini.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menjelaskan, dari monitoring antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 15% dibandingkan hari normal dan 19% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90% dibandingkan kondisi hari normal.

”Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru,” kata Gede yang dikutip Senin (8/1/2024).

Menurut Gede, seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1% dan SMS sebesar 8% dibandingkan hari biasa. Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul File access, dan Game. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68%.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10-15% dari hari normal, Instagram, 23%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 8%, Tiktok 4%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30%.

Baca juga :   Katy Perry Bawa World Tour Witness Ke Jakarta

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox masih sama dengan hari normal. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Roblox sebesar 106% dari hari normal. Lalu Mobile Legends, naik 73%. Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 35% dibandingkan hari normal, WeTV, 39%, Amazon Prime Video, 29%, dan Disney+, 13%,. Dan seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Waze GPS meningkat sebesar 40%, dan Google Maps meningkat sebesar 23%, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.

Untuk layanan XL Home juga mengalami kenaikan trafik sebesar 12-15% jika dibandingkan dengan hari normal. Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.

Baca juga :   Lazada Dukung Perpres Road Map E-commerce

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 158 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan tetap prima. XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif. Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Baca juga :   Digitalisasi UMKM di Kota Medan, Pemkot Medan Menjalin Kerja Sama dengan Paper.id

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 15% dibandingkan hari normal. Kota / Kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Cirebon, naik 30%, lalu Kota Surabaya, naik 22%, dan Kabupaten Bogor, naik 18%.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Propinsi Jawa Tengah, sebesar 21% dan Sumatera Utara dengan kenaikan hingga 16%, selanjutnya provinsi Jawa Barat sebesar 14% dan berikutnya propinsi Jawa Timur 11%. Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta, trafik data naik hingga 198% dibandingkan hari normal. Di Pantai Pangandaran, Propinsi Jawa Barat naik hingga 143%, Pantai Sawarna, Propinsi Banten naik 128%.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 310 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 5% dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi Singapore, Malaysia, Kamboja.

 

STEVY WIDIA

Tags: layanan streamingNatal dan Tahun Baru 2024 (Nataru)PT XL Axiata Tbk (XL Axiata)trafik Data
Previous Post

Alodokter Lolos Uji Coba Regulatory Sandbox Kementerian Kesehatan

Next Post

Pendanaan Startup Industri Game Menurun Drastis di 2023

Related Posts

Telkomsel
Analyze

Pelanggan 5G Di Asia Tenggara Akan Capai 630 Juta pada 2030

25 Juni 2025
0
XL Axiata Siap Adopsi eSIM dan Registrasi Pelanggan Berbasis Biometrik
News

XL Axiata Siap Adopsi eSIM dan Registrasi Pelanggan Berbasis Biometrik

14 April 2025
0
Trafik Data Indosat Meningkat 21% Saat Idulfitri 2025
News

Trafik Data Indosat Meningkat 21% Saat Idulfitri 2025

10 April 2025
0
Load More
Next Post
startup industri game

Pendanaan Startup Industri Game Menurun Drastis di 2023

pembayaran digital

Akuisisi MC Payment, iForte Luncurkan iFortepay

PT INTI

Program Transformasi “INTI Reborn” Dongkrak Kinerja PT INTI di 2023

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version