Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tranksaksi Digital Bantu Pertumbuhan UMKM Indonesia

30 September 2019
in News
Reading Time: 2 mins read
Tranksaksi Digital Bantu Pertumbuhan UMKM Indonesia

Aplikasi Ottopay.(Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Maraknya transaksi digital yang sejalan dengan pesatnya pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, semakin terlihat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara. Namun, di balik maraknya transaksi digital ini baru ada 3,79 juta UMKM yang sudah go online. Capaian ini tentu masih jauh dari target 8 juta UMKM go online yang ditetapkan oleh pemerintah untuk tahun 2019.

Berdasarkan kondisi tersebut, PT Reksa Transaksi Sukses Makmur menghadirkan aplikasi Ottopay yang ditujukan untuk pedagang dan pelaku UMKM. Aplikasi ini menawarkan solusi pembayaran yang terintegrasi dengan menghubungkan penjual dan pembeli di Indonesia agar bertransaksi dengan lebih mudah, aman, dan nyaman melalui media kode QR. Hadirnya aplikasi Ottopay juga turut memberikan kontribusi terhadap industri UMKM go online melalui transaksi digital.

Keuntungan bertransaksi digital dapat menghemat waktu, karena pelanggan hanya perlu memindai kode QR saja dan pedagang tidak perlu repot mencari uang kembalian, selain itu penggunaan kode QR juga dapat meminimalisasi atau mengurangi antrean pelanggan. Setelah dilakukan pembayaran, nominal uang otomatis akan menjadi omzet pedagang. Selain itu terdapat riwayat transaksi keuangan yang masuk dan keluar serta top up dari Bank. Keuntungan lainnya, yaitu dapat menambah penghasilan pedagang melalui fitur layanan pembayaran tagihan berupa pulsa, voucher game, token listrik, PDAM , BPJS, dan produk digital lainnya.

Baca juga :   Visa: Tren Pariwisata dan Ritel Dorong Pertumbuhan Transaksi Selama Ramadan

Metode pembayaran digital jauh lebih aman dibandingkan tunai karena pembayaran digital memiliki data dan alur yang lebih jelas, sehingga dapat ditelusuri jika terjadi kehilangan dan bisa di cari letak masalahnya. Berdasarkan hal ini tim Ottopay perlu mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat mengoptimalkan penggunaan transaksi digital. Mitra Ottopay dapat mengandalkan tenaga sales representative yang siap membantu dalam segala hal terkait aplikasi Ottopay. Pembinaan berkala dilakukan oleh sales representative di masing-masing area yang secara rutin mengunjungi setiap mitra Ottopay yang beroperasi.

Salah satu mitra Ottopay, yaitu Ibu Rofiah, pemilik warung kelontong di daerah Kampung Sumur, Klender, Jakarta Timur, telah merasakan manfaat dari transaksi digital melalui Ottopay. Sejak menggunakan Ottopay beberapa bulan yang lalu, penghasilan usaha warung kelontong ibu Rofiah semakin meningkat. Diakui ibu Rofiah, peningkatan penghasilan ibu Rofiah terbantu karena ia memanfaatkan fitur layanan tagihan, sehingga bisa melayani pembelian pulsa telepon, token listrik, dan pembayaran tagihan air yang ternyata banyak peminatnya.

Baca juga :   Google Buka Pendaftaran Indie Games Accelerator

“Saya sangat senang menggunakan aplikasi Ottopay dibandingkan aplikasi sejenis lainnya, selain mudah dalam pengoperasiannya, saya juga sangat terbantu oleh sales representative Ottopay yang responsif saat dihubungi dan rajin berkunjung ke warung untuk membimbing saya dalam menggunakan fitur-fitur Ottopay, terutama layanan tagihan, sehingga sangat membantu meningkatkan penghasilan saya. Layanan tagihan yang paling banyak dibeli, yaitu pulsa telepon dan token listrik,” ungkap Rofiah dalam keterangan resmi Ottopay baru-baru ini.

Kisah sukses ibu Rofiah di atas membuktikan bahwa melalui Ottopay, usaha warung kelontong juga memiliki kesempatan untuk berkembang, terorganisasi, dan mengalami peningkatan penghasilan, dan lebih dari itu dapat membantu pelaku UMKM untuk lebih berdaya dan memberikan kontribusi kepada pasar ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga :   Multipolar Technology Dukung Transisi ke BI Fast Payment

Satu QR Ottopay yang dimiliki oleh pedagang dapat digunakan untuk menerima beragam pembayaran melalui aplikasi pembayaran yang telah bekerja sama dengan Ottopay. Saat ini proses pembayaran melalui aplikasi bisa melalui aplikasi JakOne, Ottocash, BRISPAY, True Money dan OCBC NISP. Untuk proses top up saldo, Ottopay sudah bekerja sama dengan Bank Ina, Bank Mandiri, Alfamart, dan akan dikembangkan untuk bank dan kanal lainnya.

STEVY WIDIA

Tags: Ottopaytransaksi digitalUMKM Go Online
Previous Post

Program Yuk Cerdas Berinternet, Tingkatkan Literasi Digital Anak Muda

Next Post

Woobiz Startup Social Commerce Untuk Perempuan Indonesia

Related Posts

jaga privasi
News

Tips Jaga Privasi dan Aman Bertransaksi Digital

16 Mei 2025
0
Teknologi Contactless Dari Visa Hadir Di McDonald
Analyze

Visa: Tren Pariwisata dan Ritel Dorong Pertumbuhan Transaksi Selama Ramadan

20 Maret 2025
0
Indosat x Indepay
News

Kolaborasi Indosat dan Indepay Permudah Transaksi Digital Dalam Aplikasi

5 Maret 2025
0
Load More
Next Post
Woobiz Startup Social Commerce Untuk Perempuan Indonesia

Woobiz Startup Social Commerce Untuk Perempuan Indonesia

Susu Pertumbuhan Organik Jadi Pilihan Baru Orang Tua Milenial

Susu Pertumbuhan Organik Jadi Pilihan Baru Orang Tua Milenial

BTS

#CNSchallenge Strategi Tiktok Promosi Single BTS di 40 Negara

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version