Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tren Industri E-Commerce Indonesia Berubah

22 November 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Tren Industri E-Commerce Indonesia Berubah

CEO Shopee, Chris Feng. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Industri e-commerce di Indonesia kini mengalami perubahan tren menuju mobile social commerce. Perubahan itu terkait dengan tingginya penetrasi penggunaan perangkat mobile dan sosial media.

Hal itu diungkapkan CEO Shopee, Chris Feng dalam diskusi di konferensi Tech In Asia Jakarta 2016.
Situasi ini sejalan dengan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Teknologi Singapura pada 2015, yang menemukan adanya pertumbuhan aktivitas berbelanja online menggunakan perangkat mobile sebesar 164 % dari tahun sebelumnya. Tak hanya itu, Singpost juga menjelaskan bahwa pada 2014, 27 % transaksi online masyarakat Indonesia dilakukan melalui sosial media.

Menurut Chris, pihaknya menempatkan kedua unsur tersebut sebagai inti dari bisnis perusahaan, yang mendukung tercapainya total nilai transaksi yang signifikan sebesar US$ 1,8 Miliar khusus di kawasan ini. Saat ini, lanjut dia, Indonesia telah menjadi salah satu pasar terbesarnya.

Baca juga :   Berkat Program Belanja Online Akhir Tahun Pelanggan Blibli Meningkat Pesat

“Kontribusi konsumen Indonesia mencapai 40 % dari keseluruhan bisnis perusahaan serta unduhan aplikasi mencapai 7 juta kali. Pencapaian ini merupakan refleksi kesiapan masyarakat Indonesia untuk memasuki era mobile social commerce yang lebih praktis dan ringkas,” ungkapnya.

Dengan kombinasi aplikasi mobile dan sosmed, kata Chris Feng, pihaknya berupaya untuk menjawab beberapa tantangan yang muncul dari layanan online marketplace yang telah ada, melalui dukungan logistik gratis ongkos kirim, sistem pembayaran yang aman, dan jaminan produk berkualitas.

“Dengan hal ini, diharapkan dapat terus memaksimalkan dukungan terhadap para penjual dalam memasarkan produknya dan menghubungkan dengan pelanggan potensial di pelosok Indonesia,” kata Chris Feng.

Hasil penjualan yang signifikan, lanjut dia, juga didapatkan di beberapa negara lainnya di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan. Sejak Desember 2015, aplikasinya telah diunduh sebanyak 25 juta kali, dengan jumlah transaksi yang diterima setiap harinya mencapai 250.000 transaksi.

Baca juga :   OJK Dorong Pengembangan Keuangan Digital di Wilayah Timur Indonesia

“Tidak hanya itu, kami juga melaksanakan beberapa inisiatif untuk menghadirkan wadah online marketplace yang terpercaya dan dapat diandalkan oleh konsumen,” papar dia.

Tak hanya itu, kata Chris, pihaknya juga secara konsisten melaksanakan berbagai perayaan belanja untuk mendorong terciptanya aktivitas m-commerce di Indonesia. Salah satunya adalah melalui Mobile Shopping Day, yaitu perayaan belanja melalui ponsel yang telah dilaksanakan pada 10 oktober lalu, yang mencatat peningkatan transaksi jual beli mencapai 350 % serta lebih dari 3 juta produk terjual dari 51.000 seller yang berpartisipasi.

“Kami percaya inisiatif-inisiatif tersebut dapat mendukung usaha pemerintah untuk mengembangkan industri e-commerce di Indonesia lebih pesat lagi,” tutupnya.

Baca juga :   Bukalapak Dan Microsoft Jalin Kerjasama Strategis Dukung UMKM

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceShopeeTren e-commerce
Previous Post

Habibi Garden, Startup Binaan ICN Tampil Memukau Di Jerman

Next Post

Inilah Tiga Merek Lokal Paling Favorit Karya Anak Muda

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Inilah Tiga Merek Lokal Paling Favorit Karya Anak Muda

Inilah Tiga Merek Lokal Paling Favorit Karya Anak Muda

Gelaran Piala AFF 2016 Bisa Ditonton di Smartphone

Gelaran Piala AFF 2016 Bisa Ditonton di Smartphone

Tri Rismaharini : Startup Pahlawan Ekonomi

Tri Rismaharini : Startup Pahlawan Ekonomi

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version