UangTeman Targetkan 200 Ribu Pengguna Smartphone

Tim manajemen Uang Teman. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - UangTeman merupakan layanan teknologi finansial (fintech) yang menyediakan pinjaman dana tunai yang bisa diakses melalui Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS. Di tahun ini, aplikasi mobile pinjaman online mikro ini menargetkan meraih 200 ribu pengguna pada akhir 2017.

Chief Technology and Product Officer UangTeman Darmawan Zaini mengatakan kenaikan signifikan tersebut berkat diluncurkannya versi iOS pada 15 Januari 2017.

“Kami yang pertama, semua untuk kemudahan akses masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan dan tanpa tatap muka,” kata Darmawan dalam siaran pers, Rabu (22/2/2017) di Makassar.

Darmawan mengatakan, sejak PT Digital Alpha Indonesia meluncurkan versi Android per Maret 2016 hingga akhir Februari 2017, jumlah pengguna aplikasi mobile UangTeman menembus angka 64 ribu pengguna. Dari pertumbuhan tersebut, ia mengaku optimistis jumlah pengguna dapat terus meningkat berkisar 300 persen hingga 400 persen per Desember 2017.

“Angka pengguna terus bergerak naik, trennya sangat positif dan memberikan gambaran bahwa peminat UangTeman mulai berpindah,” sebutnya.

Darmawan menegaskan perluasan jangkauan UangTeman ke kawasan timur Indonesia dengan menggarap Kota Makassar akan semakin mempercepat pertumbuhan penggunaan aplikasi mobile. Bahkan, dia menargetkan pada tahun ini proses pencairan dana tunai melalui UangTeman dapat masuk rekening nasabah hanya dalam waktu 15 menit sejak pengajuan aplikasi pinjaman masuk.

Menurut Darmawan, kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan merupakan pangsa pasar yang amat prospektif bagi para pelaku usaha online. Tren online didominasi oleh percepatan teknologi internet menjadi fokus perhatian UangTeman dalam menyalurkan pinjaman dana tunai yang cepat, mudah, dan aman tanpa harus dibatasi kondisi geografis.

“Artinya kapan pun, masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek, Yogyakarta, Magelang, Solo, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, dan Makassar dapat mengajukan pinjaman dana tunai melalui smartphone,” terang Darmawan.

Sementara itu, Director Marketing and Communications UangTeman Donna Arifin menambahkan bahwa sejak berdiri di Indonesia per April 2015 hingga 31 Desember 2016, jumlah nasabah mengalami peningkatan sebesar 300 persen hingga 400 persen atau mencapai lebih dari 5 ribu. Dari jumlah tersebut, total penyaluran pinjaman dana tunai UangTeman menembus Rp35 miliar pada akhir tahun lalu.

Menurut Donna, kehadiran aplikasi mobile UangTeman juga memberikan dampak pada percepatan jumlah aplikasi pinjaman yang masuk. Terbukti, dari lima ribu nasabah yang ada mampu menyerap jumlah transaksi mencapai hingga 16 ribu.

“Teknologi di UangTeman memang andal dan mampu dengan cepat membaca karakter calon nasabah yang mengajukan pinjaman. Data yang ada, misalnya dari 100 aplikasi yang masuk maka hanya 25 persen hingga 30 persen yang disetujui sehingga rasio kredit macet di UangTeman juga rendah berada di bawah angka 3 persen,” pungkasnya.

Prosesnya cepat, tinggal unduh aplikasi UangTeman di smartphone lalu upload fotocopy KTP, foto selfie, dan jumlah hari pengembalian antara 10 hingga 30 hari maka bisa mendapatkan pinjaman UangTeman maksimal Rp3 juta.

STEVY WIDIA