UI & Transjakarta Hadirkan Transportasi Ramah Lingkungan

MoU Universitas Indonesia dan PT Transjakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Polusi telah menjadi masalah terbesar di kota besar seperti Jakarta. Peduli akan hal itu, Universitas Indonesia dan  PT Transjakarta lewat nota kesepahaman kerja sama berinisiatif untuk mengurangi dampak polusi udara, terutama di wilayah kampus.

Rektor UI Prof Muhammad Anis, mengatakan, wilayah kampus UI cukup luas termasuk 1/3 wilayah hutan kota di dalamnya, karena konsep lingkungan bersih itulah UI mulai menggunakan transportasi ramah lingkungan tanpa bahan bakar fosil.

“UI juga mengembangkan UI green metric sebagai salah satu indikator kampus hijau di Indonesia. Karena itulah upaya penggunaan transportasi publik untuk mahasiswa terus dicanangkan, seperti gowes, bus kuning, dan selanjutnya adalah penambahan armada bus Transjakarta yang sudah ramah difabel dan ramah lingkungan,” kata Anis belum lama ini di Gedung Rektorat, UI, Depok, Jawa Barat.

Bus Transjakarta akan segera beroperasi di dalam kampus Universitas Indonesia dan bisa dipakai oleh mahasiswa. Untuk itu, diharapkan keberadaan bus Transjakarta ini nantinya dapat mengurangi polusi udara dan kapasitas bus yang berlebihan.

Direktur Utama PT. Transjakarta, Agung Wicaksono. memaparkan bahwa acara kerja sama ini merupakan realisasi dari program hijau untuk lingkungan yang bebas pencemaran, terutama di wilayah kampus Universitas Indonesia. 

“Tentunya dengan kerja sama ini diharapkan dapat mengintegrasikan visi untuk menghijaukan lingkungan, serta mengkampanyekan gerakan kampus hijau,” ujar Agung Wicaksono Direktur Utama PT. Transjakarta.

MoU pun resmi ditandatangani dan kedua belah pihak secara simbolis memberikan kenang-kenangan berupa replika bus kuning dan bus Transjakarta. Acara dilanjutkan dengan peninjauan langsung bus Transjakarta untuk mengitari sekitar wilayah Universitas Indonesia oleh pihak universitas dan PT Transjakarta.

FAHRUL ANWAR