Ulang Tahun ke-15, Google Rilis Fitur Baru Gmail

Tampilan Gmail terbaru. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Google meluncurkan Gmail pada 1 April 2004. Untuk memeringati hari jadinya yang ke-15, Google merilis fitur baru pada layanan Gmail. Fitur anyar tersebut adalah pengatur waktu mengirim pesan dan smart compose.

“Kami memahami bahwa pekerjaan sering kali melewati jam kerja, padahal penting untuk mempertimbangkan waktu istirahat bagi semua orang,” ujar Direktur Manajemen Produk G Suite Jacob Bank dalam pengumuman dikutip dari TechCrunch.

Lewat fitur pengaturan waktu, pengguna Gmail bisa menjadwalkan pengiriman pesan. Misalnya, pengguna menyusun pesan saat ini, namun baru akan mengirim pesan tersebut esok hari. Sebelumnya, penguna harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan layanan seperti ini. Untuk versi aplikasi, fitur ini bisa diakses dengan mengetuk ikon tiga titik yang berada di sisi kanan atas email yang bakal dikirim. Kemudian pilih opsi ‘schedule send’ dan pilih waktu yang diinginkan. Sedangkan untuk versi situs, akan ada opsi di sisi kanan tombol kirim untuk ‘schedule send’.

Sementara, fitur Smart Compose memudahkan pengguna mengirim pesan. Sebab, Google menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) lewat fitur ini. Alhasil, kata-kata yang biasa digunakan oleh pengguna akan muncul sebagai pilihan. Selanjutnya, pengguna bisa memilih kata yang bakal digunakan tanpa mengetik.

“Kami ingin membuatnya lebih mudah bagi semua orang. Jadi kami menambahkan fitur baru ke Gmail yang memungkinkan Anda memilih kapan email harus dikirim,” ujar Jacob.


Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk Google Pixel 3 dan 3 XL. Kini, fitur Smart Compose ini bisa digunakan untuk semua smartphone Android. Fitur ini juga hadir dalam banyak bahasa sepertiSpanyol, Prancis, Italia dan Portugal.

STEVY WIDIA

Exit mobile version