Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

UMG IdeaLab Dirikan AiCI Untuk Dukung Pengembangan Kecerdasan Artifisial Indonesia

26 Oktober 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
UMG IdeaLab Dirikan AiCI Untuk Dukung Pengembangan Kecerdasan Artifisial Indonesia

UMG IdeaLab pelatihan vokasi untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Center of Excellence negeri di bidang AI. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - UMG IdeaLab, berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam memuluskan tantangan revolusi industri 4.0 Tanah Air pada bidang AI Learning dan Innovation. Untuk itu, perusahaan pusat inovasi teknologi 4.0 pendirian Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI) di Fakultas MIPA UI.

Founder UMG IdeaLab Kiwi Aliwarga mengatakan, langkah ini seiring dengan tantangan revolusi industri 4.0. Apalagi saat ini Indonesia telah memiliki dasar landasan Strategi Nasional Kecerdasan Artificial Tahun 2020 – 2045. Landasan tersebut berfokus pada dua hal, yakni pengembangan ekosistem pembelajaran kecerdasan artifisial (AI Learning), dan ekosistem inovasi kecerdasan artifisial (AI Innovation) dengan memprioritaskan di lima area, yakni edukasi dan riset, kesehatan, mobilitas dan kota cerdas, keamanan pangan, serta reformasi birokrasi.

“Di AiCi, kami mengajarkan AI tidak hanya di jenjang perguruan tinggi, namun juga tingkat sekolah, bahkan ada kurikulum AI untuk tingkat Sekolah Dasar. Hal ini demi menyiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri. Saat ini, jumlah SDM di bidang AI masih cukup langka,” papar Kiwi Aliwarga dalam keterangannya, Senin (26/10/2020).

Baca juga :   Ini e-Commerce Paling Populer Versi Survei Snapcart

Tak hanya itu, AiCI bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Universitas Indonesia (UI) juga berperan mengadakan pelatihan vokasi untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Center of Excellence negeri di bidang AI pada September lalu.

Sementara itu, CEO Bahasa Kita Oskar Riandi mengatakan, selain kendala sumber daya manusia, kendala data set sebagai kendala kecerdasan artifisial, bahkan di level perusahaan besar di Indonesia.

“Teknologi AI pasti membutuhkan data set yang yang sangat besar. Oleh karena itu kami terus berusaha agar data set tersebut semakin besar dan bisa digunakan dalam domain yang beragam. Terbukti, beberapa lembaga pemerintah menggunakan teknologi kami, seperti KPK, DPR-RI, hingga Kemenko Bidang Kemaritiman. Selain itu, kami juga fokus pada inovasi lokalisasi penggunaan bahasa di suatu daerah, dari dialek hingga bahasa serapan demi semakin memudahkan user dalam menggunakan teknologi kami,” jelas Oskar.

Baca juga :   Ada 6.000 Siswa Ikut Kompetisi “Ilmupedia Berani Jawab Season 3” Dan Ini Pemenangnya

Bahasa Kita merupakan salah satu startup yang termasuk dalam ekosistem UMG IdeaLab di bidang pengembangan produk teknologi suara, bahasa, dan AI. Inovasi unggulan Bahasa Kita di antaranya adalah sistem transkrip rapat dan percakapan telepon serta analisisnya, translasi ucapan dari satu bahasa ke bahasa lain, voice enabled smart assistant, dan untuk keperluan industri berupa voice inspection, acoustic inspection, hingga voice biometric.

Produk unggulan dari Bahasa Kita, yakni Notula yang masuk di segmen transcription and analytic. Notula pernah digunakan sebagai alat transkrip otomatis pada momen debat capres 2019 lalu. Selain itu, ada Minit yang merupakan platform video call dengan teknologi transkrip otomatis dan speaker recognition yang bisa digunakan pada server lokal,  Tman sebagai platform komik dan podcast edukasi dengan teknologi pensintesa ucapan, hingga Rona, platform interactive robotic berbasis suara sebagai alternatif front office untuk melayani masyarakat pada kondisi pandemi.

Baca juga :   Startup Indonesia Berkesempatan Tampil Dalam Pameran Hannover Messe

Selain AiCI dan Bahasa Kita, perusahaan rintisan bidang AI lainnya yang tergabung dalam ekosistem UMG IdeaLab adalah Widya Wicara – smart speaker berbahasa Indonesia, dan Botika – platform chatbot yang di tahun 2019 berhasil merampungkan kurang lebih 20 juta lalu lintas pesan di sistemnya.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI)Fakultas MIPA UIkecerdasan artifisial (AI Learning)Strategi Nasional Kecerdasan ArtificialUMG Idealab
Previous Post

Mengenal Adaptive 120Hz Display Dari Samsung Galaxy Note20 Series

Next Post

DSC XI Terima 15.000 Proposal Wirausaha, Tanda Bisnis Kembali Bergairah

Related Posts

Kursi Bapo Karya Mahasiswi ITS Jadi Juara Ajang Kreasi OCIC 2020
Headline

ITS Gandeng Perusahaan dan Investor untuk Dukung Pertumbuhan Startup Mahasiswa

26 Desember 2022
0
Ruangguru
Headline

10 Startup Indonesia Tampil Berpameran di SXSW 2022

15 Maret 2022
0
IMERI FKUI
News

IMERI FKUI Gandeng UMG Idealab Luncurkan Big Data Center

4 Februari 2022
0
Load More
Next Post
DSC XI Fokus Dorong Ekosistem Wirausaha Indonesia di Tengah Pandemi

DSC XI Terima 15.000 Proposal Wirausaha, Tanda Bisnis Kembali Bergairah

Lindungi Pengguna, DANA Perbarui Sertifikasi Keamanan Berstandar Internasional

Lindungi Pengguna, DANA Perbarui Sertifikasi Keamanan Berstandar Internasional

Nexeed Teknologi Industri 4.0, Permudah Visualisasikan Data Manufaktur Otomotif

Nexeed Teknologi Industri 4.0, Permudah Visualisasikan Data Manufaktur Otomotif

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version