UMKM Baru Diyakini Jadi Kekuatan Ekonomi Nasional

UMKM Tokopedia

Para pelaku UMKM produk kerajinan. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) telah menjadi penopang perekonomian di tengah krisis. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) bersinergi bersama Pemerintah mendorong terciptanya UMKM sebagai kekuatan perekonomian nasional.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengungkapkan, komitmen BI dalam mendukung transformasi UMKM antara lain melalui program onboarding UMKM yang dilakukan secara terintegrasi dari hulu ke hilir, dan menyediakan QRIS (QR Code Indonesian Standard) sebagai kanal pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, dan andal bagi UMKM baru.

“UMKM baru memiliki ciri utama memanfaatkan teknologi digital mulai dari proses pembiayaan, pemasaran, hingga pembayaran. Program onboarding UMKM secara terintegrasi adalah pola pembinaan kepada UMKM dari hulu ke hilir disesuaikan dengan karakteristik dan tahapan usaha pada aspek kelembagaan dan SDM, keuangan, produksi, serta pemasaran,” jelas Rosmaya dalam keterangan resmi, Jumat (12/9/2020).

Sebagai bentuk dukungan BI meluncurkan Festival Kreatif dan Seni Jakarta melalui Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan pada 30 Agustus 2020 lalu melalui Rangkaian Kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Virtual Seri I.

Program yang sama juga telah dilaksanakan di wilayah lainnya seperti Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Tegal, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan akan terus dilanjutkan di wilayah lain melalui Kantor Perwakilan BI sebagai komitmen BI menjadi pengelola gerakan (movement manager) Gernas BBI.

Mengangkat tema “Kolaborasi Mendorong Ekonomi Kreatif Jakarta”, kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai 11-13 September 2020. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BI dengan Pemprov DKI Jakarta, Dekranasda DKI Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan, BMPD DKI Jakarta, Pasar Seni Ancol, MULA co working space Kota Tua, serta UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta.

Rosmaya berharap kegiatan ini dapat mendorong perluasan akses pasar, akses keuangan, dan digitalisasi UMKM. Produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta dan Pasar Seni Jakarta bisa dilihat di www.festivalkreatifsenijakarta.com. BI juga menyediakan menu katalog UMKM Binaan BI di seluruh Indonesia pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version