youngster.id - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah terus mendorong para palaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Indonesia memperkuat bisnis lewat digital.
“Ini era serba digital dan internet maka harus dimanfaatkan untuk memasarkan produk UMKM-UMKM,” kata I Wayan Dipta Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, yang dilansir Antara (26/7/20107) pada pembukaan Pameran Koperasi dan UMKM 2017 di Surabaya.
Menurut Wayan, Pemerintah Pusat, menargetkan sampai 2019 terdapat 8 juta UKM yang sudah pemasarannya melalui elektronik atau “Go e-Commerce”, bahkan telah disiapkan sejuta portal untuk koperasi dan UKM.
“Memaksimalkan penggunaan internet merupakan salah satu cara promosi paling menarik sehingga para pelaku usaha tidak tertinggal untuk bersaing dengan produk lainnya, terutama dari luar negeri,” ungkapnya.
Pada kesempatan sama, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengungkapkan, pihaknya mendukung pemanfaatan teknologi karena akan sangat membantu dan memperkuat para pelaku usaha untuk konsisten dan tidak kehilangan pasar.
“Zaman semua sudah era digital maka harus dimanfaatkan penggunaan teknologi informasinya. Ini harus didukung semua pihak, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ucap Soekarwo.
Pameran yang berlangsung pada 26-30 Juli 2017 di Grand City Convex, Surabaya terdiri dari 220 stan yang menghadirkan produk unggulan koperasi dan UMKM dalam maupun luar Jatim dari berbagai instansi. Antara lain Dekranasda berbagai daerah, UKM Binaan, perusahaan perbankan dan jasa hingga mitra lainnya.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur Mas Purnomo Hadi berharap pameran ini menjadi wadah untuk mempersiapkan produk koperasi dan UMKM menuju persaingan era global sekaligus membuktikan kualitas produk maupun sumber daya manusianya.
“Pameran ini juga sebagai ajang memperkenalkan produk unggulan dengan kualitas ekspor yang kreatif dan inivatif sehingga UMKM semakin berperan terhadap pembangunan ekonomi di Jatim,” katanya.
Di sela pameran, kata dia, pengunjung akan disuguhkan berbagai acara di area dalam maupun luar arena pameran, termasuk membantu menambah pengetahuan dalam hal pengembangan UKM.
Selain itu, pada akhir pekan juga digelar banyak even, seperti dialog yang dikemas diskusi atau seminar, perlombaan, hiburan, fashion budaya Indoneia hingga festival kopi nusantara.
STEVY WIDIA
Discussion about this post