UMKM Wajib Tahu, Inilah Tren dan Peluang Bisnis di Tahun 2021

Tokopedia Aplikasi Mitra Tokopedia

Pentingnya tampilan dan user experience bagi penyedia platform (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pandemi COVID-19 mendorong kemunculan lebih banyak UMKM di Indonesia. Tokopedia sendiri mencatatkan terjadinya peningkatan jumlah penjual di platformnya dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia mengungkapkan, Tokopedia berkomitmen untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

“Untuk itu, dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” ujar Ekhel dalam keterangannya Jumat (5/3/2021).

Tokopedia membagikan sejumlah temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat.

Usaha kuliner dalam bentuk makanan dan minuman dalam kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat.

“Menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras,” jelas Ekhel.

Menurut dia, berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020.

Peningkatan juga terjadi pada produk kecantikan dan perawatan tubuh, bisnis tanaman dan alat berkebun.  “Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di 2021,” ungkap Ekhel.

Tren olahraga juga terlihat mendorong penjualan alat-alat olahraga seperti sepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.

Untuk mendukung semua itu, Tokopedia juga menyediakan pendampingan dan akses terhadap materi edukasi dalam bentuk kelas online atau webinar bagi pebisnis baru atau yang sudah menjadi penjual di Tokopedia melalui Pusat Edukasi Seller. Tema yang diangkat sangat beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version