UnionSpace dan Tagtoo Gelar Seminar Pemasaran Digital Untuk UKM

Mick Lu Head of Tagtoo Indonesia dan Singgih Akbar Prakoso, Event Manager dari UnionSpace. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pemasaran digital mulai marak di Indonesia. Namun, sangat disayangkan bahwa masih terdapat senjang pengetahuan mengenai pemasaran digital di Indonesia. Terutama untuk para UKM yang baru saja menapakkan kaki mereka dalam dunia online tentu memiliki pengetahuan yang sangat terbatas mengenai pemasaran produk secara digital.

Untuk itu Tagtoo, sebuah performance marketing agency asal Taiwan, berkolaborasi dengan UnionSpace, penyedia layanan Coworking Space terkemuka di Asia Tenggara menyelenggarakan seminar mengenai periklanan digital. Seminar ini juga diselenggarakan bersama Indonesia Entrepreneur Center (IDEC), sebagai sebuah inisiatif untuk membangun komunitas wiraswasta serta mendukung pertumbuhan wirausaha di Indonesia.

“Sebagian besar agensi tidak dapat memberikan informasi yang benar dan tepat pada klien. Sebagai contoh, hampir 50% data yang dilaporkan dalam Google Analytics sebenarnya tidak berguna oleh para pebisnis, namun informasi ini tidak pernah disampaikan kepada mereka,” ungkap Mick Lu Head of Tagtoo Indonesia dalam keterangannya baru-baru ini.

Meskipun dapat menjadi alat pelacak data yang akurat dan tepat, penggunaan laporan Google Analytics masih sangat rumit bagi para pemula. Bahkan hingga marketer yang berpengalaman sekalipun terkadang masih kesulitan untuk menginterpretasikan seluruh hasil laporan dalam Google Analytics. Hal ini dikarenakan setiap kelompok data dalam laporan Google Analytics akan memiliki arti yang berbeda sesuai dengan tujuannya masing-masing, contohnya laporan untuk optimisasi konfigurasi website akan memiliki kelompok data yang berbeda dengan laporan hasil pemasaran produk.

Baca juga :   Inovasi Pakan Ternak Dari Cangkang Kopi

“Kebanyakan UKM Indonesia tidak menguasai kekuatan di balik pemasaran digital. Kami sangat gembira dapat bekerja sama dengan Tagtoo untuk membagikan wawasan yang menarik ini. Dengan mengadakan lebih banyak acara seperti ini dengan Tagtoo, kami berharap dapat menciptakan momentum yang kuat dalam komunitas wiraswasta di Indonesia,” kata Singgih Akbar Prakoso, Event Manager dari UnionSpace.

Berdasarkan survey yang kami lakukan setelah seminar, nilai 4.5 diberikan oleh peserta (dari nilai penuh 5) atas pertanyaan “Apakah seminar ini membantu bisnis anda?”. Selain itu, seluruh peserta juga menjawab mereka tertarik untuk menghadiri seminar serupa kedepannya.

“Kami sangat berterimakasih pada seluruh peserta yang hadir dalam seminar ini. Juga merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk terus bekerja sama dengan UnionSpace dan IDEC guna membagikan lebih banyak wawasan tentang pemasaran digital kepada masyarakat diluar sana,” ungkap Mick Lu.

STEVY WIDIA