Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

UNWTO Apresiasi Strategi Pariwisata Indonesia Go Digital

14 Oktober 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
UNWTO Apresiasi Strategi Pariwisata Indonesia Go Digital

Kunjungan Menpar Arief Yahya ke Markas UNWTO di Madrid, Spanyol. (Foto: Kemenpar/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menteri Pariwisata Arief Yahya melancarkan tiga strategi besar dalam upaya mencapai target 20 juta wisatawan pada tahun 2019. Bahkan strategi pariwisata go digital mendapat apresiasi dari UNWTO, Badan PBB yang mengurus masalah pariwisata dunia.

Dalam pertemuan yang digelar di Markas Besar UNWTO, Menpar merinci ketiga strategi tersebut seperti Go Digital, Homestay dan Sustainable Tourism Observatory (STO) menuju Sustainable Tourism Certificatios (STC).

“Buka wawasan, benchmarking, terus diuji oleh ahlinya agar on track. Jika ingin menjadi pemain global, kelas internasional, membuat lompatan mendunia, pergunakan standar global,” ujar Arief Yahya yang dikutip Asdep Pengembangan Pemasaran Wilayah Eropa Timur Tengah, Afrika dan Amerika, Nia Niacaya yang dilansir Antara baru-baru ini.

Baca juga :   Karnaval Kemerdekaan Parahyangan 2017

Lembaga PBB di bidang pariwisata (UNWTO) punya segudang data, hasil riset, pengalaman dan contoh terobosan di banyak negara yang sudah sukses di pariwisata. Secretary of the General Assembly and the Executive Council and Regional Director for Asia and the Pacific yang berasal dari China, Xu Jing, Executive mengakui Menpar Arief Yahya yang mantan CEO Telkom, dan mempunyai backgroundnya IT, dunianya sudah digital.

“Anda tahu lebih banyak dan detail. Go digital tidak bisa ditolak,” ujar Xu Jing. Menurut Xu Jing, 68 % traveller di Tiongkok menggunakan digital online dalam searching mencari destinasi liburan.

Dari sisi marketing, Kemenpar memanfaatkan nama besar seperti Trip Advisor, Google, Baidu, Ctrip, CCTV, Xinhua dan lainnya yang menguasai market potensial. Sementara dari sisi selling, Arief Yahya mempresentasikan ITX-Indonesia Travel X-change, digital market place yang mempertemukan supplay and demand ke dalam satu platform.

Baca juga :   Industri Game Indonesia Tampil di GSTAR Korea Selatan

Dari look, book, sampai pay, tersedia dalam layanan ITX yang sejak diluncurkan di Rakornas Kemenpar Go Digital Be The Best 15-16 September 2016 lalu diluncurkan sudah mendapatkan lima ribu indutri seperti Penerbangan, akomodasi maupun attractions seperti restoran, tempat hiburan dan lainnya,

Go Digital ini juga memfasilitasi industri pariwisata yang 90 % masuk kategori UMKM, unit usaha kecil dan menengah.

Kemenpar atau pemerintah menyediakan platform atau plaza online-nya, industri yang mengisi etalasenya dengan berbagai produk dan paket wisatanya. Plaza itulah yang akan dipromosikan besar-besaran di semua target market dan originasi potensial.

ITX itu nantinya akan seperti TripAdvisor, Booking.Com, CTrip dan online service lainnya.

Baca juga :   Memahami Pentingnya Peran Data Center dari Peristiwa Kebakaran Gedung Cyber

Di Indonesia terdapat 55 juta UMKM dan uniknya tiga persen pengusaha yang besar menguasai 70 persen perekonomian negeri. “Adanya ITX diharapkan akan ada sharing economy,” kata Arief.

Langkah pertama Go Digital diapresiasi oleh hampir semua petinggi UNWTO yang dipimpin Taleb Rifai bersama kesembilan board of directornya.

STEVY WIDIA

Tags: Kementerian Pariwisata (Kemenpar)Menteri Pariwisata Arief YahyaUNWTO
Previous Post

E-Dagang Aladien Permudah Kontraktor Berinteraksi

Next Post

Kemenperin Gelar Lomba Desain Tenun

Related Posts

Kemenpar Gandeng Blibli.com Kembangkan Digitalisasi Bisnis Pariwisata
Headline

Kemenpar Gandeng Blibli.com Kembangkan Digitalisasi Bisnis Pariwisata

12 September 2019
0
Wisata
Headline

Kemenpar Usung Pengembangan Desa Wisata Di Tanah Toraja

17 Juni 2019
0
TikTok Travel, Kolaborasi Tiktok dan Kemenpar Untuk Promosi Destinasi Terbaik Indonesia
Headline

TikTok Travel, Kolaborasi Tiktok dan Kemenpar Untuk Promosi Destinasi Terbaik Indonesia

13 April 2019
0
Load More
Next Post
Kemenperin Gelar Lomba Desain Tenun

Kemenperin Gelar Lomba Desain Tenun

Bayar Pajak “e-Billing” Diterapkan 1 Juli 2016

Perhitungan Pajak Bisnis Online Lebih Sulit

Ini Langkah Penting Membangun Startup

Ini Langkah Penting Membangun Startup

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version