Urgensi Inovasi Bagi Perusahaan di Indonesia

GK-Plug and Play

Managing Partner GK-Plug and Play, Wesley Harjono. (Foto: istimewa)

youngster.id - GK-Plug and Play, platform inovasi global, menyoroti urgensi soal kebutuhan inovasi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, lebih lagi di era pandemi Covid-19 saat ini. Inovasi korporasi (corporate innovation) merupakan langkah strategis sebagai wujud nyata komitmen perusahaan untuk dapat terus relevan di antara para pesaing di industri.

Managing Partner GK-Plug and Play, Wesley Harjono mengatakan, konsep open invitation merupakan salah satu langkah efisiensi bagi korporasi, baik kapital, resources, maupun waktu.

“Inovasi korporasi berdampak pada efisiensi sumber daya, membantu korporasi untuk mendapatkan insight atas best practices dari industry peers mereka, serta mencari solusi yang dibutuhkan dari level lokal hingga internasional. Sinergi kemitraan antara korporasi dengan start-up bisa terjalin dalam beragam bentuk seperti technology pilot, kerja sama bisnis, atau bahkan berinvestasi di start-up yang dapat membawa value terhadap produk korporasi itu secara keseluruhan,” ungkap Wesley dalam siaran pers, Rabu (1/9/2021).

Menurut dia, dengan bermitra dengan partner eksternal, sebagai contohnya startup yang memiliki solusi sesuai dengan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut, sehingga tujuan inovasi dapat tercapai dalam kurun waktu yang lebih efisien sembari tetap mengelola cost secara cermat.

Salah satu signature service yang ditawarkan oleh GK-Plug and Play dalam praktek Inovasi Korporasi adalah dengan mempertemukan para korporasi dengan startup unggulan yang dapat membantu mengakselerasi agenda mereka dengan memberikan solusi, serta screening kelayakan start-up yang berpotensi menjadi partner inovasi dari korporasi tersebut. Selain itu, GK-Plug and Play juga turut membantu korporasi dalam memberikan insight terhadap tren di industri terkait, dan mengidentifikasi potensi inovasi yang relevan yang dapat dilakukan oleh korporasi tersebut.

Ada empat hal penting yang ditekankan Wesley agar inovasi dapat dijalankan dengan sukses, yakni mindset, foundation, commitment, dan partner.

“Inovasi dimulai dengan adanya kesadaran untuk melakukan berbagai perubahan demi kelangsungan kesejahteraan perusahaan. Di GK-Plug and Play, kami mengedepankan pengalaman 15+ tahun dan jangkauan global di 28 negara. Berdasarkan pengalaman tersebut maka kami memiliki kapabilitas untuk merekomendasikan mitra start-up yang telah mencapai enterprise-grade level. Tidak hanya itu saja, tetapi salah satu value-added service yang GK-Plug and Play tawarkan adalah industry focus insight untuk informasi data tren dan potensi inovasi bagi mitra korporasi,” pungkas Wesley.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version