Usaha kecil Penopang Ekonomi Daerah

YOUNGSTER.id - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh sebab itu, para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kalimantan Utara (Kaltara) memandang bahwa membangun UKM akan dapat mendorong pemerataan ekonomi di masyarakat.

“Melalui Hipmi Kaltara, kami bertekad untuk mendorong perekonomian daerah dari sektor UMKM, sesuai dengan kondisi struktur ekonomi di provinsi ini yang didominasi oleh sektor pertanian, dan perkebunan,” ujar Andi Samula Ketua Umum BPC Hipmi Nunukan Kaltara melalui keterangan tertulisnya, Kamis (10/3/2016).

Pembangunan ekonomi di Kalimantan Utara (Kaltara) ini bertujuan untuk meningkatkan jenis dan jumlah peluang kerja bagi masyarakat. Hipmi akan mengambil inisiatif untuk meningkatkan jumlah lapangan kerja bagi masyarakat, serta menambah jenis pekerjaan dari sektor ladang, perkebunan, tambak, ekonomi kreatif dan lain sebagainya. Terlebih, di provinsi ini ada banyak sekali potensi yang belum tergali secara maksimal.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPP Hipmi Bidang Organisasi yakni Anggawira yang juga pejabat ketua umum BPD Hipmi Kaltara yang mengatakan bahwa Kaltara merupakan sebuah provinsi besar yang menyimpan banyak potensi. Namun, saat ini ia melihat pembangunan ekonomi disana masih seperti jalan ditempat.

“Kaltara memilki banyak potensi untuk dikembangkan. Namun kami melihat sektor perkebunan, pertanian, peternakan, pembudidayaan ikan dan lain sebagainya seperti jalan ditempat, pergerakannya lambat. Jika kondisinya terus seperti ini bagaimana bisa kesejahteraan masyarakatnya terjamin?” ujar Anggawira.

Untuk itu, lanjut Anggawira, Hipmi ingin menggandeng para pelaku usaha di Kaltara untuk sama- sama membangun perekonomian melalui program- program yang dicanangkan oleh Hipmi. Program ini diyakini Anggawira akan dapat merangsang kegiatan ekonomi dan menyeimbangan perekonomian skala kecil, menengah, dan koperasi desa.

Adapun salah satu bentuk program Hipmi Kaltara untuk mengembangkan ekonomi daerah adalah dengan mengembangan ekonomi mikro dan menengah, kemudian membantu masalah permodalan bagi pengusaha yang akan memulai usaha.

“Seluruh usaha tersebut akan dilakukan step by step, dan berkesinambungan, kami yakin dengan adanya kerjasama yang baik anatara Hipmi Kaltara, Pemerintah setempat, dan peran aktif masyarakat mampu mendorong perekonomian Kaltara menjadi lebih baik,” ujar dia.

 

STEVY WIDIA